Advertisement

Sanggar Kesenian di Wonosari Terbakar, Pemilik Rugi Jutaan Rupiah

David Kurniawan
Senin, 16 Januari 2023 - 11:37 WIB
Sunartono
Sanggar Kesenian di Wonosari Terbakar, Pemilik Rugi Jutaan Rupiah Ilustrasi kebakaran. - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL– Sanggar kesenian di Dusun Jatirejo, Gari, Wonosari, Gunungkidul terbakar, Senin (16/1/2023) sekitar pukul 05.30 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun akibat kebakaran menyebabkan kerugian hingga jutaan rupiah.

Sanggar yang terbakar berada di rumah milik Aldi Irfansyah. Tidak ada yang tahu persis kebakaran terjadi karena warga melihat kepulan asap keluar dari bangunan.

Advertisement

Kepala BPBD Gunungkidul, Purwono mengatakan, sudah mendapatkan laporan berkaitan dengan kebakaran sanggar kesenian yang berada di rumah salah seorang warga di Kalurahan Gari. Meski demikian, ia memastikan tidak ada korban jiwa karena saat kebakaran terjadi kondisi rumah dalam keadaan kosong.

BACA JUGA : Tumpahan Bensin Berujung Kebakaran di Gunungkidul

“Kebetulan yang punya rumah sedang keluar. Warga tahu keadaan rumah sudah mulai terbakar,” kata Purwono kepada wartawan, Senin siang.

Warga yang melihat tertus meminta pertolongan dan bahu membahu memadamkan api. Selain itu, juga ada upaya meminta bantuan unit pemadam kebakaran Gunungkidul.

“Begitu ada laporan tim kami langsung meluncur ke lokasi kejadian,” katanya.

Meski sempat membakar bangunan dengan beberapa perabotan terbakar seperti dipan, kasur, lemari hingga atap rumah, namun api bisa dipadamkan. Upaya penyisiran juga telah dilakukan agar tidak terjadi kebakaran susulan.

“Sudah dipadamkan oleh tim pemadaman dengan dibantu warga sekitar,” katanya.

Hasil pendataan di lapangan, akibat kebakaran ini korban mengalami kerugian material mencapai Rp5 juta. “Untuk penyebab pasti terjadinya kebakaran masih diselidik hingga saat ini,” katanya.

BACA JUGA : Rumah Terbakar, Petani di Gunungkidul Ini Dapat Bantuan

Purwono berharap peristiwa ini menjadi pelajara bersama agar kejadian yang sama tidak terjadi. Oleh karenanya, ia meminta kepada masyarakat untuk waspada dan berhati-hati potensi kebakaran rumah.

“Instalasi listrik harus sering dicek secara berkala. Sedangkan pada saat keluar rumah pastikan tempat-tempat yang bisa menjadi sumber api benar-benar sudah dimatikan,” katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement