Advertisement

Mulai Dibongkar Senin Depan, Kapan Pembangunan TPI Congot Baru?

Andreas Yuda Pramono
Jum'at, 24 Maret 2023 - 19:07 WIB
Arief Junianto
Mulai Dibongkar Senin Depan, Kapan Pembangunan TPI Congot Baru? Ilustrasi TPI Pantai Congot. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Congot akan dibongkar pada Senin 27 Maret 2023. Pembongkaran tersebut menindaklanjuti pendirian TPI baru dengan fasilitas yang lebih lengkap.

Kepala Bidang Pemberdayaan Nelayan Kecil dan Pengelolaan Pelelangan Ikan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kulonprogo, Wakhid Purwosubiantoro mengatakan bahwa proses penghapusan kepemilikan aset tersebut sudah dilakukan. “Kalau terkait dengan lelang pengerjaan belum dilakukan. Paling tidak April 2023 kami dapatkan tender pengerjaan,” kata Wakhid dihubungi pada Jumat (24/3/2023).

Advertisement

Wakhid menambahkan bahwa TPI tersebut nantinya akan memiliki tempat pemasaran dan pengolahan produk hasil tangkapan ikan laut dan tempat kuliner. Dana yang digunakan untuk membangun TPI tersebut berasal dari Dana Keistimewaan (Danais) senilai Rp1,8 miliar.

BACA JUGA: Pembangunan TPI Congot Rampung Tahun Ini, Pemerintah Minta Masukan Nelayan

Jelasnya, rencanan pembangunan TPI Congot tersebut merupakan satu dari empat TPI yang akan dibangun DKP Kulonprogo. TPI Congot menjadi lokasi pertama pembangunan di tahun 2023.

Dia mengakui DKP telah mendapat arahan dalam mengembangkan TPI Congot dari Panitikismo Pura Pakualaman. “Setelah TPI Congot selesai, nanti berganti ke lokasi lain seperti Trisik dan Bugel,” katanya.

Sebelumnya, Wakhid mengatakan bahwa pengembangan TPI tersebut harus dilakukan secara profesional mulai dari penetapan atau penarikan retribusi, pencatatan, dan penempatan ikan. Pembangunan TPI juga akan dibarengi dengan pengembangan kapasitas sumber daya manusia (SDM).

DKP juga akan bekerja sama dengan provinsi dan kelompok pengolah dan pemasar (Poklasar) untuk memberikan pelatihan kepada pengelola TPI. Tidak berhenti di situ, bimbingan teknis, pelatihan, magang, dan sekolah lapangan juga akan diberikan guna mendongkrak produksi ikan.

Sementara itu, Kepala DKP Kulonprogo, Trenggono Trimulyo mengatakan bahwa jawatannya harus berorientasi kepada pemberdayaan masyarakat yang mengacu pada Instruksi Bupati Nomor 12 Tahun 2022 tentang Gerbang Segoro Gerakan Membangun dengan Semangat Gotong Royong.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement