Advertisement

Pembangunan TPI Congot Rampung Tahun Ini, Pemerintah Minta Masukan Nelayan

Catur Dwi Janati
Selasa, 14 Maret 2023 - 08:47 WIB
Sunartono
Pembangunan TPI Congot Rampung Tahun Ini, Pemerintah Minta Masukan Nelayan Sejumlah nelayan menghitung hasil tangkapan bersama pengepul ikan di Pantai Congot, Kamis (4/10/2018). - Harian Jogja/Uli Febriarni

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Rencana pembangunan TPI Congot kian matang di 2023. Terbaru, nelayan Congot mulai dimintai masukan terkait rencana pembangunan TPI Congot. 

Kepala Bidang Pemberdayaan Nelayan Kecil dan Pengelolaan Pelelangan Ikan, DKP Kulonprogo, Raden Wakhid Purwosubiyantara menerangkan penjaringan aspirasi para nelayan telah dilakukan dalam rencana pembangunan TPI Congot. Beberapa usulan nelayan telah terkover dalam rencana Detail Engineering Design (DED) namun ada sejumlah masukan baru yang disampaikan para nelayan. 

Advertisement

BACA JUGA : Nelayan Pantai Congot Gagal Panen Ikan Bawal Laut

"Mereka mendukung [pembangunan TPI Congot] dan mengusulkan beberapa item kebutuhan mereka. Contoh kamar mandi, tempat cuci alat-alat," ujarnya dikutip pada Senin (13/3/2023).

Selain tempat pencurian berbagai peralatan nelayan, diproyeksikan pula akan dibangun semacam kamar ganti untuk tempat nelayan membersihkan diri pasca melaut. "Kalau bisa masuk itu sudah dalam keadaan bersih nelayannya, bisa berarti kan ada tempat cuci-cuci baju," terangnya. 

Aspirasi dari kelompok nelayan akan dimasukkan di konsultan perencana. Setelahnya pembangunan TPI Congot memasuki tahap lelang.  "Sudah kita masukkan, insyallah nanti tahap dimasukkan di lelang nanti dan tergambar dan sebagainya sesuai kebutuhan mereka," tegasnya. 

Lelang pembangunan TPI Congot direncanakan mulai dibuka pada April 2023. Sementara pada Agustus nanti, Wakhid menargetkan pembangunan TPI Congot telah rampung dilaksanakan. "Lelang April mulai, kemudian nanti kita resmikan direncanakan di bulan Agustus gedungnya," jelasnya. 

Dalam rencana pembangunannya, TPI Congot akan dilengkapi Gudang Mesin, Los Pasar, Kantor TPI hingga tempat lelang. Hampir sebagain gedung dirombak menyisakan musala dan gedung pertemuan yang dipertahankan. "Karena kondisinya cukup memprihatinkan," ujarnya.

BACA JUGA : Panen Lobster Melimpah, Nelayan Congot Bergairah

Karena dibangun dengan Danais, dalam pembangunannya TPI Congot akan memasukan ciri khas budaya dan wisata di sana. "Nanti bentuknya rencananya limasan," tambahnya. 

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kulonprogo, Trenggono Trimulyo menuturkan perlu adanya upaya peningkatan kapasitas bagi nelayan Kulonprogo. Wujudnya berupa bantuan sarana prasarana penangkapan ikan maupun Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Pembangunan TPI Congot, diproyeksikan tidak hanya khusus untuk pelelangan ikan saja, namun diharapkan mampu menyajikan produk ikan segar dan ikan olahan dengan basis wisata dan budaya.

Di sisi lain nelayan Congot dinilai harus berkolaborasi dengan pata istri nelayan untuk menumbuhkan kelompok pengolah dan pemasar (POKLAHSAR). Sehingga produk ikan bisa disajikan dan menumbuhkan sentra kuliner ikan di TPI Congot.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Terbitkan Aturan Turunan Terkait Tindak Pidana Kekerasan Seksual

News
| Sabtu, 27 April 2024, 07:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement