Advertisement

Razia di JJLS Srigading, Polisi Sita Belasan Gulung Mercon

Newswire
Minggu, 26 Maret 2023 - 15:57 WIB
Arief Junianto
Razia di JJLS Srigading, Polisi Sita Belasan Gulung Mercon Belasan petasan yang diamankan polisi dalam Operasi Cipta Kondisi di Bantul, Minggu (26/3/2023). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Polres Bantul mengamankan belasan petasan atau mercon dalam Operasi Cipta Kondisi yang digelar di sekitar Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS), tepatnya di wilayah Kalurahan Srigading, Kapanewon Sanden, Minggu (26/3/2023).

"Razia Polsek Sanden dengan hasil mengamankan 18 petasan, dengan rincian ukuran gulungan besar lima gulung dan ukuran gulungan kecil 13 gulung," kata Kasi Humas Polres Bantul, Iptu I Nengah Jeffry Prana, Minggu.

Advertisement

Selain petasan, Operasi Cipta Kondisi di wilayah hukum Polsek Sanden tersebut juga mengamankan sembilan kendaraan motor dengan knalpot tak sesuai standar pabrikan atau blombongan di Jalan Samas. Terhadap pengendara motor tak sesuai standar itu, polisi melakukan penindakan.

Jeffry menjelaskan berbagai langkah yang dilakukan polisi terkait hal tersebut ialah penindakan oleh Satlantas Polres Bantul terhadap sepeda motor knalpot blombongan, dengan barang bukti di Polsek Sanden.

BACA JUGA: Meracik dan Merakit Petasan, 8 Pelajar di Bantul Digelandang Polisi

Kemudian, terhadap pemilik petasan, polisi melakukan interogasi dan mengamankan barang bukti tersebut di Polsek Sanden dengan memasukkan ke dalam ember berisi air. "Kami juga melakukan pembinaan kepada pemilik petasan untuk tidak mengulangi perbuatannya, yang dikuatkan dengan surat pernyataan untuk selanjutnya dipulangkan," tambahnya.

Operasi Cipta Kondisi oleh jajaran Polres Bantul dan Polsek Sanden terus digiatkan selama Ramadan dengan sasaran kendaraan roda dua berknalpot blombongan, petasan, dan senjata tajam.

Sementara itu, Kapolres Bantul AKBP Ihsan mengatakan razia tersebut ditingkatkan dari yang biasanya di sekitar jalan lingkar selatan menjadi dua pergerakan selama Ramadan, yaitu di wilayah utara dan selatan di jalan lingkar, yaitu JJLS dan Jembatan Kretek II. "Jembatan Kretek II, selain menjadi ikon baru Kabupaten Bantul, juga menjadi tempat wisata baru. Sepanjang Jembatan Kretek sampai JJLS juga menjadi perhatian khusus," kata Ihsan.

Belajar dari pengalaman Ramadan sebelumnya, sejumlah kejadian perlu menjadi perhatian, seperti maraknya petasan atau mercon, perang sarung, pasar tiban, sweeping​​​​​​​ oleh ormas, sahur on the road, hingga Safari Tarawih.

"Pemetaan jam rawan, rawan kemacetan antara pukul 16.00 WIB sampai 19.30 WIB, sebagai waktu ngabuburit sampai buka puasa. Jam rawan kejahatan sesuai data, beberapa kejadian ada di antara jam 21.00 sampai 04.00 WIB," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Empat Anggota Dewan Diperiksa KPK Terkait Titipan Paket Pekerjaan APBD

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 12:27 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement