Advertisement

JJLS DIY Sedikit Lagi Tersambung Semua, Tinggal Pekerjaan Ini yang Belum Selesai

Stefani Yulindriani Ria S. R
Kamis, 16 Maret 2023 - 17:17 WIB
Bhekti Suryani
JJLS DIY Sedikit Lagi Tersambung Semua, Tinggal Pekerjaan Ini yang Belum Selesai Ilustrasi jembatan. JJLS Bantul dan Kulonprogo akan tersambung tahun depan melalui Jembatan Srandakan III. - Pixabay

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJAJalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) di DIY ditargetkan selesai pada 2025. Saat ini, masih ada sejumlah ruas jalan yang belum tersambung. 

Asisten Pelaksanaan dan Pengawasan Satker Pelaksanaan Jalan Nasional (PJN) DIY, Wahyu Widyantoro menyampaikan untuk wilayah Kabupaten Gunungkidul masih ada satu paket pekerjaan yang sedang berjalan yakni ruas Jalan Terus-Jeruk Wudel 2 serta ruas Jalan Baru Kretek-Girijati sepanjang 5,6 kilometer. Selain itu ada pula paket pekerjaan JJLS untuk Jembatan Srandakan 3 yang menghubungkan Bantul dan Kulonprogo.

Advertisement

Menurut Wahyu, ruas Jalan Terus-Jeruk Wudel 2 pengerjaannya telah mencapai 50%. Kemudian untuk Jalan Baru Kretek-Girijati tengah dalam proses lelang. “Jalan Baru Kretek Girijati masih proses lelang. Ini untuk lelang Kretek Girijati di balai pengadaan," katanya Kamis (16/3/2023).

Sedangkan untuk Jembatan Srandakan 3 saat ini menurut Wahyu masih dalam tahap pembuatan Detail Engineering Design (DED). “Perencanaan desain DED, kalau pastinya belum tahu, karena mesti ada beberapa yang perlu kita diskusikan mengenai desain dan kearifan lokal,” ucapnya. Dia mengklaim belum dapat memastikan kapan DED Jembatan Srandakan 3 akan rampung. 

BACA JUGA: Tok! Terdakwa Tragedi Kanjuruhan Divonis Bebas

Sebelumnya Gubernur DIY Sri Sultan HB X mengusulkan agar Jembatan Srandakan 3 memasukkan unsur lokal dalam desainnya. Atas usulan tersebut, Wahyu menyampaikan pihaknya akan mengupayakan agar usulan tersebut terakomodir. 

“Kita berusaha semaksimal mungkin, termasuk pohon-pohon lokal, sudah kita diskusikan, kita carikan. Semoga bisa terakomodir semua,” jelas dia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Polda Metro Jaya Kembali Panggil Rektor UP karena Laporan Korban Lain

News
| Kamis, 29 Februari 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Kegiatan Spiritual dan Keagamaan Jadi Daya Tarik Wisata di Candi Prambanan

Wisata
| Kamis, 29 Februari 2024, 11:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement