Advertisement

Meracik dan Merakit Petasan, 8 Pelajar di Bantul Digelandang Polisi

Ujang Hasanudin
Minggu, 24 April 2022 - 17:17 WIB
Arief Junianto
Meracik dan Merakit Petasan, 8 Pelajar di Bantul Digelandang Polisi Ilustrasi petasan. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL--Petugas gabungan dari Polres Bantul, Polsek Bantul, dan masyarakat menggerebek sebuah rumah di Dusn Karasan, RT04, Kalurahan Palbapang, Kapanewon Bantul, Kabupaten Bantul, Minggu (24/4/2022) dini hari.

Dari rumah tersebut polisi mengamankan tujuh orang pelajar yang sedang asyik merakit petasan atau mercon. Sementara satu pelajar lainnya diamankan di tempat yang berbeda.

BACA JUGA: Antisipasi Pencurian di Rumah yang Ditinggal Mudik, Polisi Patroli Kampung-Kampung di Bantul

Kedelapan pelajar yang diamankan, yakni NH, 13, warga Guwosari, Pajangan; DKP, warga Ringinharjo, Bantul; HD, 14, warga Palbapang, Bantul; ON, 12, warga Ringinharjo, Bantul; ELS, 16, warga Gilangharjo, Pandak; RM, warga Trirenggoo,Bantul; RAD, warga Palbapang, Bantul; dan M, warga Ringinharjo, Bantul.

“Delapan anak ini semuanya berstatus pelajar, enam SMP dan dua masih kelas 6 SD,” kata Kapolres Bantul, AKBP Ihsan dalam jumpa pers di Mapolsek Bantul, Minggu (24/4/2022)

Ihsan menjelaskan penggrebekan rumah yang dijadikan aktivitas pembuatan petasan tersebut bermula dari informasi masyarakat. Dari informasi tersebut pihaknya bersama unsur masyarakat melakukan penggerebekan sekitar pukul 02.00 WIB.

Dari penggerebekan tersebut polisi mengamankan tiga bungkus racikan mercon petasan yang sudah jadi seberat 4 ons, dua bungkus belerang seberat 2 kilogram, dua bungkus potasium seberat 1,8 kilogram, sebungkus bubuk aluminium seberat 1,5 ons dan 473 selongsong dari berbagai ukuran yang belum jadi.

Selain itu, sebanyak 17 petasan berbagai ukuran yang sudah jadi juga disita. Lalu mengamankan tujuh pelajar di lokasi yang sama.

“Mereka berperan masing-masing dalam memproduksi petasan. Mulai dari mengayak bahan peledak petasan, menggunting kertas, menggulung kertas, memasukkan serbuk ke dalam gulungan atau selongsong sampai merapikan,” kata Kapolres.

BACA JUGA: Pencurian Jelang Lebaran, Polisi Bantul Gencarkan Patroli

Advertisement

Dari tujuh orang, polisi akhirnya bisa mengembangkan kasus tersebut dan mendapati seorang lagi yang berperan sebagai pembeli bahan baku berinisial M di Ringinharjo, Bantul.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Streaming Starjoja FM
alt

Alasan Polisi Enggan Beberkan Motif Pembunuhan Brigadir J

News
| Kamis, 11 Agustus 2022, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Jajal Keseruan Flying Fox Ledok Sambi, Solusi bagi yang Malas Lewat Tangga

Wisata
| Kamis, 11 Agustus 2022, 13:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement