Advertisement

Cegah Perang Sarung, Polisi Perketat Pengamanan di Gunungkidul

David Kurniawan
Minggu, 26 Maret 2023 - 16:07 WIB
Sunartono
Cegah Perang Sarung, Polisi Perketat Pengamanan di Gunungkidul Ilustrasi tawuran. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Jajaran Polres Gunungkidul berkomitmen untuk melakukan patroli keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) selama Bulan Ramadhan. Operasi cipta kondisi ini dengan menggelar Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) saat jelang Sahur hingga Salat Subuh.

Kapolres Gunungkidul, AKBP Edy Bagus Sumantri mengatakan, pihaknya baru saja mengamankan tujuh remaja yang akan perang sarung di kawasan Terminal Dhaksinarga di Kalurahan Selang, Wonosari. Meski demikian, ketujuh remaja tidak ditahan karena hanya diberikan sanksi pembinaan dengan membuat surat pernyataan tidak mengulangnya lagi.

Advertisement

BACA JUGA : Bersiap Perang Sarung, 7 Remaja Gunungkidul Ditangkap Polisi

Selain itu, para orang tua dihadirkan pada saat pembinaan berlangsung beserta perangkat kalurahan setempat agar membantu dalam pengawasan.  “Mereka belum perang karena baru janjian. Pada saat akan memulai, petugas datang untuk mengamankan,” kata Edy kepada wartawan, Minggu (26/3/2023).

Menurut dia, upaya pencegahan perang sarung merupakan salah satu fokus kegiatan patroli di Bulan Puasa. Edy mengakui, sudah meminta jajarannya di polsek untuk meningkatkan patroli kamtibmas.

“Tujuannya tidak hanya untuk mencegah perang sarung, tapi juga mengurangi risiko kejahatan lainnya. Tentunya juga sebagai upaya memberikan rasa aman kepada masyarakat sehingga saat menjalankan ibadah tidak terganggu,” katanya.

BACA JUGA : Belasan Pelajar Bantul Terlibat Tawuran 'Perang Sarung' di Malam Ramadan

Meski demikian, lanjut dia, untuk menjaga kamtibmas juga sangat membutuhkan bantuan dan partisipasi dari masyarakat. Salah satunya berperan untuk menginformasikan adanya kegiatan yang mengarah ke tindak kriminalitas. Selain itu, warga diharapkan berperan aktif menjaga Kamtibmas di wilayah masing-masing.

Kapolsek Panggang, AKP Anang Prastawa mengatakan, sesuai dengan arahan Kapolres Gunungkidul, jajaran polsek diminta meningkatkan patroli kamtibmas. Instruksi ini sudah ditindaklanjuti dengan menggelar Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD).

“Sejak puasa, setiap hari melakukan patroli mulai dari jelang sahur hingga Shalat Subuh. Pada saat akhir pekan, tim yang diterjunkan juga lebih banyak lagi,” katanya.

Adapun sasaran patroli tidak hanya untuk mencegah perang sarung yang mulai marak di kalangan anak-anak muda. Namun demikian, juga menyasar kejahatan jalanan maupun tindak pidana kriminal lainnya.

“Kami juga meminta anggota Bhabinkamtibmas di setiap kalurahan untuk menyosialisasikan tentang antisipasi kejahatan ke warga,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipanggil MKD, Ketua MPR Bambang Soesatyo Mangkir

News
| Kamis, 20 Juni 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Indonesia Punya Pantai Terbaik untuk Berselancar, Ini Daftarnya

Wisata
| Senin, 17 Juni 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement