Advertisement

Okupansi Hotel Diperkirakan Meningkat pada H-7 Lebaran

Sunartono
Senin, 27 Maret 2023 - 06:47 WIB
Sunartono
Okupansi Hotel Diperkirakan Meningkat pada H-7 Lebaran Foto ilustrasi menu Ramadan di hotel. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Okupansi sektor perhotelan diperkirakan akan meningkat pada H-7 lebaran 2023 mendatang. Beberapa hotel fokus pada layanan khusus program puasa di awal Ramadan ini. Sebagian besar hotel mengalami penurunan okupansi pada awal Ramadan.

Hotel Manager LPP Garden Rahmad Budi Yuwono mengatakan okupansi hotel pada saat awal lebaran memang sebagian besar mengalami penurunan. Saat ini keterisian kamar di angka 50% hingga 70% dari total jumlah kamar.

Advertisement

BACA JUGA : Ramadan, Okupansi Hotel di Bantul Anjlok 30 Persen

“Kalau awal Ramadan memang sebagian besar perhotelan menurun, saat ini di angka 50 persen paling tidak minimal bisa sampai 70 persen,” katanya Minggu (26/3/2023).

Ia mengatakan sejumlah tamu yang berkunjung dalam jangka waktu lama menjadi salah satu penolong sehingga okupansi masih berada di atas 50% tersebut. Tamu jenis ini biasanya menginap selama dua pekan atau hingga sebulan memulai sebelum Ramadan.

“Ini dibantu dengan tamu long stay yang memang sebulan dua pekan di sini, jadi kami sudah menabung tamu-tamu itu. Tetapi kami juga untuk paket seperti ada double deal, tiga hari stay dua malam itu hanya Rp500.000 atau buy to get one free,” ujarnya.

Okupansi ini diperkirakan akan meningkat pada H-7 Lebaran mendatang. “Biasanya sekitar H-7 Lebaran mulai naik, nantinya akan naik normal seperti biasa,” ujarnya.

BACA JUGA : Luar Biasa, Okupansi Hotel di Sleman Tembus 60% Jelang

Sejalan dengan hotel saat ini lebih fokus pada beberapa program awal Ramadan seperti memberikan layanan buka puasa bersama. Mengingat minat masyarakat untuk berbuka puasa bersama di hotel tergolong tinggi. Pemesanan layanan ini pun terus meningkat setiap harinya.

“Kebetulan kami ada di Bu Mamat paket buka puasa hemat, mengambil harga Rp70.000 bisa all you can eat, ini mencakup semua kalangan bisa makan di hotel, sangat terjangkau,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kejagung Ungkap Peran Tujuh Tersang Baru Kasus Korupsi Emas Antam

News
| Jum'at, 19 Juli 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Ini Dia Surganya Solo Traveler di Asia Tenggara

Wisata
| Kamis, 18 Juli 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement