Advertisement

Pemkot Jogja Targetkan 50 Persen Pekerja Punya Jaminan Sosial

Media Digital
Senin, 27 Maret 2023 - 17:37 WIB
Budi Cahyana
Pemkot Jogja Targetkan 50 Persen Pekerja Punya Jaminan Sosial Penjabat Wali Kota Jogja, Sumadi di Kantornya, Senin (20/3/2023). - Harian Jogja/Anisatul Umah

Advertisement

JOGJA—Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja mencatat baru 36,6% tenaga kerja di Kota Jogja yang punya jaminan sosial ketenagakerjaan. Cakupan fasilitas ketenagakerjaan akan terus meningkat hingga mencapai 50 persen pada semester pertama tahun ini.

Penjabat Wali Kota Jogja Sumadi mengatakan Peraturan Wali Kota (Perwal) No.120/2021 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di Kota Jogja sudah diterbitkan guna mendorong percepatan jaminan sosial bagi pekerja. Dia mengaku optimistis dengan regulasi ini, target jaminan sosial ketenagakerjaan bisa tercapai.

Advertisement

"Dari 36,6 persen harapan, kami semester pertama 2023 bisa mencapai 50 persen dari total jaminan tenaga kerja di Jogja bisa mendapatkan jaminan kesejahteraan sosial," ucapnya ditemui di Kantor Balai Kota Jogja, Senin (27/3/2023).

Menurutnya, Pemkot Jogja akan terus berupaya memberikan perlindungan kepada mayarakat khususnya pekerja melalui dua langkah. Pertama, menyejahterakan tenaga kerja dan memberikan perlindungan kepada pekerja.

"Ada beberapa hal yang perlu kami lakukan. Melakukan edukasi dengan cara mendatangkan pekerja dan kami lakukan pembinaan. Pemkot juga melakukan door to door datang ke perusahaan memberikan edukasi tentang peningkatan kesejahteraan dan perlindungan kepada masyarakat."

Di samping itu, kata Sumadi, Pemkot Jogja juga melibatkan tim hubungan industrial, LKS Tripartit dan Dewan Pengupahan. Ini menjadi bentuk upaya dini untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Pemkot Jogja memiliki program Gandeng Gendong melibatkan pentahelix, mulai dari kampus, kampung, komunitas, dan lainnya. Masyarakat khususnya pekerja di edukasi untuk meningkatkan kesejahteraan dan perlindungan.

"Intinya bagaimana kami memberikan perlindungan, rasa aman, tentram bekerja dalam rangka produktivitas agar pekerja bisa sejahtera, dan kepastian pengusaha berinvestasi di Jogja." 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Digugat Praperadilan di PN Jaksel Oleh Sekjen DPR Indra Iskandar, Ini Kasusnya

News
| Sabtu, 18 Mei 2024, 18:57 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement