Advertisement

DPAD DIY Segera Kantongi Sertifikat Pengarsipan Terbaik Nasional

Media Digital
Senin, 27 Maret 2023 - 21:27 WIB
Budi Cahyana
DPAD DIY Segera Kantongi Sertifikat Pengarsipan Terbaik Nasional Kepala DPAD DIY, Monika Nur Lastiyani, di kantornya, Senin (27/3/2023). - Harian Jogja

Advertisement

JOGJA—Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) DIY segera mengantongi prestasi baru lagi berupa sertifikat pengarsipan terbaik nasional. Kepala DPAD DIY Monika Nur Lastiyani mengatakan sertifikat tersebut akan diperoleh pada Mei 2023 mendatang.

Dia menjelaskan tahun ini jawatannya sudah mengantongi tiga sertifikat. Pertama, tingkat literasi tertinggi secara nasional. Kedua, tingkat kegemaran membaca terbaik nasional. Ketiga, akreditasi perpustakaan dengan persentase terbanyak secara regional Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Nusa Tenggara Timur (NTT). Ini berlaku untuk perpustakaan mana saja baik desa, sekolah, perguruan tinggi, rumah ibadah dan lainnya.

Advertisement

"Mei akan nambah satu lagi dari sisi pengawasan pengarsipan. Setiap tahun kami diaudit oleh lembaga pengarsipan nasional [Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI)] kami nilainya terbaik nasional," ucapnya ditemui di kantor DPAD DIY, Senin (27/3/2023).

Dia menjelaskan minat baca masyarakat sudah cukup tinggi. Mencari informasi di internet juga menjadi indikator penilaian literasi.

"Membaca enggak hanya buku tekstual, tapi akses melalui Internet juga menjadi salah satu indikator. Enggak hanya baca buku," ujarnya.

Sementara itu, dari sisi pengarsipan, menurutnya DPAD DIY punya kewajiban melakukan akuisisi  arsip-arsip yang bernilai guna tinggi. Misalnya arsip dari organisasi perangkat daerah (OPD) wajib diserahkan ke DPAD karena memiliki nilai guna statis. Ada juga kewajiban mengarsip milik masyarakat, perusahaan swasta, dan negara, baik BUMD maupun BUMN.

"Kendalanya banyak, kalau arsip parpol biasanya dibawa masing-masing. Ya apa saja kami arsipkan, misal pergantian pengurus, ya apa saja yang tercipta," jelasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Program Desa Bersih Narkoba Bisa Menggunakan Dana Desa

News
| Selasa, 23 April 2024, 17:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement