Advertisement

Harga Pangan Stabil, Dinas Perdagangan Kota Jogja Belum Berencana Gelar Operasi Pasar

Anisatul Umah
Rabu, 29 Maret 2023 - 22:07 WIB
Budi Cahyana
Harga Pangan Stabil, Dinas Perdagangan Kota Jogja Belum Berencana Gelar Operasi Pasar Ilustrasi pedagang di pasar tradisional. - Harian Jogja/Anisatul Umah

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Perdagangan Kota Jogja belum berencana menggelar operasi pasar lagi dalam waktu dekat.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Jogja, Veronica Ambar Ismuwardani, menjelaskan operasi pasar sudah dilakukan beberapa waktu lalu di 14 kemantren, serta pasar-pasar yang ada di Jogja. Menurutnya harga pangan di awal Ramadan ini stabil dan harga beberapa komoditas justru turun.

Advertisement

"Dalam waktu dekat belum ada rencana lagi [operasi pasar]. Hari ini justru beberapa komoditas turun," ucapnya kepada Harianjogja.com, Rabu (29/3/2023).

Berdasarkan laporan harian Dinas Perdagangan Kota Jogja, cabai merah keriting kini dijual dengan harga Rp25.000 per kilogram (kg), cabai merah besar Rp30.000 per kg, dan cabai rawit merah Rp30.000 per kg.

Selain harga cabai yang turun, harga pangan lainnya tercatat stabil. Misalnya daging ayam Rp33.000 per kg, telur ayam Rp29.000 per kg, bawang merah Rp28.000 per kg, bawang putih kating Rp32.000 per kg, dan beras di kisaran Rp9.400 per kg sampai Rp11.800 per kg.

"Sejak Januari 2023 sampai pertengahan Maret 2023 hampir 300 ton Minyakita sudah didistribusikan di Kota Jogja," ujar dia.

im Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) sudah melakukan kunjungan ke distributor dan dipastikan stok aman. 

Sebelumnya, Penjabat Wali Kota Jogja, Sumadi, mengatakan Pemkot Jogja berupaya untuk menjaga harga pangan stabil hinggaLlebaran nanti. Pemkot Jogja akan bekerja sama dengan Kabupaten Sleman untuk menjaga harga cabai dan betas. Dalam waktu dekat, Jogja juga akan bekerj asama dengan Kabupaten Kulonprogo. Sementara, untuk menjamin pasokan telut, Jogja menjalin kerja sama dengan Pemkot Blitar dan Kabupaten Magelang. 

"Bahan pokok yang harganya cenderung naik adalah bawang merah, bawang putih, cabai, telur. Kami berharap agar masyarakat tidak panic buying, karena pada prinsipnya stok makanan tercukupi," ucapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Sudah 3 Minggu Wafat, Jenazah Pebulutangkis China Zhang Zhi Jie Masih di RSUP Sardjito

News
| Jum'at, 19 Juli 2024, 10:27 WIB

Advertisement

alt

Ini Dia Surganya Solo Traveler di Asia Tenggara

Wisata
| Kamis, 18 Juli 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement