Advertisement

Sudah Dibuka, Ada 12 Pelatihan Kerja Gratis bagi Warga Jogja

Triyo Handoko
Jum'at, 31 Maret 2023 - 21:27 WIB
Budi Cahyana
Sudah Dibuka, Ada 12 Pelatihan Kerja Gratis bagi Warga Jogja Ilustrasi pelatihan kerja. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemkot Jogja mengadakan 12 pelatihan keterampilan kerja sepanjang 2023. Pelatihan tersebut diadakan Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Jogja. Pendaftaran sudah dibuka melalui Jogja Smart Service.

Kepala Bidang Pengembangan Tenaga Kerja Disnakertrans Jogja Erna Nur Setyaningsih mengatakan animo masyarakat cukup tinggi atas pendaftaran pelatihan keterampilan kerja tersebut. “Sebagian pelatihan bahkan sudah ditutup karena kuotanya sudah penuh, sebagian masih dibuka jadi silakan masyarakat Jogja untuk mendaftar,” ujar dia, Jumat (31/3/2023).

Advertisement

Erna merinci pelatihan keterampilan kerja tersebut meliputi event organizer, administrasi perkantoran, kursus menyetir mobil, kursus masak kue, barista, web programer, tata rias kecantikan, menjahit, membatik, social media marketing, hingga satpam. “Semua program pelatihan tersebut kami serap dari aspirasi masyarakat luas dan disesuaikan dengan kebutuhan industri,” terangnya.

Pelatihan keterampilan kerja tersebut, jelas Erna, tidak dipungut biaya. “Syaratnya mudah, hanya KTP, pas foto, dan administratif lainnya dan pendaftarannya cukup online kami bikin semudah mungkin,” katanya.

Pelatihan kerja dilakukan secara intensif secara tatap muka. “Ada kurikulumnya yang sudah kami persiapkan dengan LPK swasta sebagai rekanan, termasuk pengajarnya adalah ahli profesional di bidangnya,” ujarnya.

Tak hanya memfasilitasi pelatihan, lanjut Erna, Disnakertrans Jogja juga siap menyalurkan peserta ke dunia industri lewat magang kerja. “Magang kerja setelah pelatihan juga kami sediakan, artinya agar ilmu pelatihan dapat langsung diimplementasikan,” ucapnya. 

Erna mengimbau bagi masyarakat Jogja yang tertarik agar segera mendaftar. “Nanti setelah lulus pelatihan juga mendapat sertifikat yang menambah nilai tambah saat melamar pekerjaan,” katanya. 

Program pelatihan keterampilan kerja, sambung Erna, dimaksudkan untuk meningkatkan keterampilan angkatan kerja muda di Jogja. “Ini usaha kami untuk mengentaskan pengangguran usia produktif juga karena peserta kami batasi umur maksimalnya 35 tahun,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PM Israel Pastikan Serangan ke Rafah Terus Berjalan Tanpa Kesepakatan Sandera

News
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:27 WIB

Advertisement

alt

Ada Gunung Menyerupai Piramida di China Bikin Heboh Warganet, Begini Penjelasan Ahli

Wisata
| Minggu, 28 April 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement