Advertisement

Bantul Bakal Kebanjiran 2 Juta Pemudik Lebaran 2023

Ujang Hasanudin
Sabtu, 01 April 2023 - 15:37 WIB
Sunartono
Bantul Bakal Kebanjiran 2 Juta Pemudik Lebaran 2023 Suasana TPR Parangtritis, Rabu (4/5/2022) siang. - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Dinas Perhubungan Bantul akan mengerahkan ratusan personelnya untuk mengamankan arus mudik dan arus balik selama libur Lebaran 2023 yang akan datang untuk memperlancar arus lalu lintas. Sebab diprediksi akan ada sekitar 1,5-2 juta orang masuk ke Bantul selama arus mudik dan arus balik lebaran Idulitri.

“Berdasarkan hasil rapat dengan Dinas Perhubungan DIY, beberapa waktu lalu, akan ada sekitar 1,5 juta hingga 2 juta pemudik masuk Bantul selama H-7 lebaran sampai H+7 lebaran Idulfitri,” kata Kepala Bidang Angkutan Jalan dan Prasarana Transportasi Dinas Perhubungan Bantul, Suyamto, saat dihubungi Sabtu (1/4/2023).

Advertisement

BACA JUGA : Mudik Lebaran 2023: 500 Bus Diprediksi Masuk ke Giwangan Setiap Hari

Suyamto mengatakan dari 1,5 hingga 2 juta pemudik itu juga termasuk wisatawan. Ada yang mudik sambil berwisata, namun juga ada wisatawan yang datang ke Bantul hanya untuk berwisata. Sehingga jalur-jalur wisata dipastikan akan padat kendaraan. Karena itu pihaknya juga akan mendirikan pos pengamanan dan pos pemantauan di beberapa objek wisata yang diperkirakan cukup ramai pengunjung.

Pos pengamanan akan didirikan di Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Parangtritis. Kemudian pos pemantauan didirikan di lima lokasi, yakni di Hutan Pinus Mangunan, Puncak Becici, Pinus Pengger, jalur Cinomati, dan Jembatan Kretek II. “Jadi pengamanan wisatawan ini akan difokuskan pada lebaran sampai H+7 lebaran,” ujarnya.

Sementara H-7 lebaran difokuskan untuk pengamanan arus lalu lintas yang masuk wilayah Bantul. Maka pos pengamanan arus lalu lintas didirikan di lima lokasi, yakni Klangon Argosari Sedayu, Jalan Srandakan, Pos Induk Gabusan (Jalan Parangtritis), Piyungan (Simpang Tigas Jalan Jogja- Wonosari), dan TPR Parangtritis.

BACA JUGA : Bantul Siapkan Rekayasa Arus Mudik Lebaran 2023, Kendaraan Dilarang Lewat Cinomati

Menurut Suyamto, petugas tidak hanya berjaga di pos, namun ada juga pengamanan bergerak, artinya petugas Dinas Perhubungan melakukan patroli untuk mengurai kepadatan arus lalu lintas supaya tidak stagnan. “Jadi nanti ada petugas yang keliling monitoring titik-titik kepadatan lalu lintas,” ucapnya.

Ia berharap semua pemudik maupun wisatawan yang berkunjung ke Bantul untuk mempersiapkan diri dengan mengecek kondisi kendaraan sebelum bepergian, patuhi rambu-rambu lalu lintas, tidak mengejar waktu, dan selalu mengutamakan keselamatan.

Kepala Dishub Kabupaten Bantul Singgih Riyadi, sebelumnya mengatakan semua personel Dinas Perhubungan tidak ada yang cuti selama libur lebaran Idulfitri karena semua difokuskan untuk pengamanan pemudik dan wisatawan. Total ada 751 personel gabungan yang disiagakan untuk pengamanan pemudik dan wisatawan.

BACA JUGA : Resmi! Libur dan Cuti Bersama Lebaran 2023 Mulai 19 April

Menurutnya, jalur yang diprediksi rawan terjadinya kepadatan lalu lintas saat lebaran nanti berada di Jalan Parangtritis dan Jalan Wonosari. Dinas Perhubungan Bantul nantinya akan memanfaatkan keberadaan Jembatan Kretek II yang sudah dibuka untuk memecah kepadatan arus.

“Jembatan Kretek II sangat membantu untuk pengalihan jalur mudik dan arus balik, makanya kami beri pos pantau disitu juga,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Perpanjang Kenaikan HET Beras Premium untuk Jaga Stok di Pasaran

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement