Advertisement

Mudik Lebaran 2023: 500 Bus Diprediksi Masuk ke Giwangan Setiap Hari

Anisatul Umah
Kamis, 30 Maret 2023 - 15:17 WIB
Sunartono
Mudik Lebaran 2023: 500 Bus Diprediksi Masuk ke Giwangan Setiap Hari Suasana di Terminal Giwangan, Rabu (30/3/2023). Anisatul Umah - Harian Jogja.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Minat masyarakat untuk mudik menggunakan angkutan bus masih cukup tinggi. Petugas Pelayanan Terminal Giwangan, Evak Nurwakhid mengatakan di hari normal jumlah bus yang masuk ke Terminal Giwangan sekitar 400-an armada per hari.

Pada momen lebaran tahun ini diperkirakan akan naik menjadi sekitar 480 - 500 armada per hari. Jumlah ini meningkat dari tahun sebelumnya di kisaran 450-an armada per hari.

Advertisement

"Tahun ini 480 armada, kalau bagus bisa sampai 500 per hari. Saya harap bisa sampai 500," ucapnya, Kamis (30/3/2023).

BACA JUGA : Tol Jogja Solo Dibuka: Arus Mudik dari Solo, Arus Balik dari Arah Jogja

Posko lebaran akan disiapkan jelang arus mudik. Akan ada petugas yang berjaga di tiap sift masing-masing empat orang. Memastikan keamanan di terminal bekerjasama dengan Jasa Marga dan kepolisian.

"Kami rata-rata hanya terkait keamanan. Pendataan sudah ada yang reguler di lapangan. Kalau ada lonjakan penumpang atau kekurangan armada kami akan bantu koordinasikan," jelasnya.

Diperkirakan kepadatan pemudik menggunakan bus akan terasa pada 20 April 2023 mendatang. Karena cuti bersama dimulai 19 April 2023. Bagi pekerja non formal, kata Evak, biasanya sudah mulai mudik sepekan sebelum lebaran.

"Ya [puncaknya sekitar 20 April]. Kalau baliknya biasanya beda-beda. Karena kami terminal tujuan, kadang sudah banyak yang kosong busnya, karena sebagian turun di Kulonprogo atau tempat lainnya," paparnya.

BACA JUGA : Sebelum Arus Mudik, Bupati Pastikan Jalur di Sleman Bebas Lubang

Salah satu pemudik asal Karawang, Khairul mengatakan dia sudah memesan tiket bus untuk mudik tanggal 18 April 2023. Dia memilih moda transportasi bus karena tiket kereta dari Karawang sudah habis. Kelebihan naik bus menurutnya bisa turun di dekat rumah dan lebih banyak pilihan.

"Saya pulang ke Jogja H-4 [18 April 2023]. Untuk tiket balik belum beli karena masih menunggu rilis harga tiket," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Menteri Keamanan AS Sebut Terorisme Kembali Muncul dan Jadi Ancaman

News
| Minggu, 19 Mei 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement