Advertisement

Tol Jogja Solo Dibuka: Arus Mudik dari Solo, Arus Balik dari Arah Jogja

Newswire
Senin, 27 Maret 2023 - 16:42 WIB
Budi Cahyana
Tol Jogja Solo Dibuka: Arus Mudik dari Solo, Arus Balik dari Arah Jogja Pembangunan Tol Jogja Solo di Kartasura, Jawa Tengah, Selasa (20/9/2022). - JIBI/Bisnis.com/Himawan L Nugraha

Advertisement

Harianjogja.com, SOLOTol fungsional Jogja Solo dipastikan selesai sebelum Lebaran tahun ini dan bisa digunakan untuk arus mudik serta balik untuk satu jalur. Saat arus mudik, jalur yang dibuka adalah dari Solo ke Jogja, sedangkan saat arus balik dari Jogja ke Solo.

General Manager Lahan dan Utilitas PT Jogjasolo Marga Makmur (JMM) Muhammad Amin mengatakan bahwa secara fungsional ruas tol tersebut akan dibuka mulai dari Kartasura hingga STA 6 di Kecamatan Sawit, Kabupaten Boyolali.

Advertisement

“Pengerjaan terakhir adalah mengupayakan pengurangan timbunan, terus dilakukan pemadatan dengan ruas A dan B sampai di lantai kerja sebelum dicor [setebal] 30 sentimeter,” katanya.

Ia mengatakan sesuai dengan imbauan pemerintah, pengerjaan Tol Jogja Solo sepanjang 6 kimeter ditargetkan dapat selesai sebelum H-7 Lebaran 2023 sehingga saat H-7 ruas tersebut sudah dapat dilewati.

Secara teknis, kendaraan dari arah barat yang akan melewati ruas tol fungsional tersebut keluar terlebih dulu di exit toll Colomadu. Setelah melewati lampu merah, kendaraan kembali masuk ke badan jalan tol arah sawit.

“Fungsionalnya H-7 hingga H+7 Lebaran. Yang H-7 menuju Jogja, sedangkan yang setelah Lebaran dari arah sebaliknya,” katanya.

Ia mengatakan panjang tol fungsional tersebut 6 km. Ruas tol fungsional tersebut diharapkan bisa memecah kemacetan di pertigaan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, yang biasa dilewati kendaraan dari arah barat baik dari tol maupun tidak menuju ke timur atau ke selatan.

PT JMM juga akan menempatkan petugas di posko yang berada di exit toll Colomadu.

“Petugas disiapkan oleh Jasa Marga, di samping ada posko Lebaran di samping kiri lampu merah. Nanti yang bertugas buka tutup mereka,” katanya.

BACA JUGA: Tol Jogja Solo Dibuka Mulai H-7 Lebaran, Ini Aturan Melewatinya

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, rute Solo menuju Jogja yang menjadi titik kepadatan tertinggi yakni di pertigaan Kartasura.

“Jadi segera kami selesaikan supaya lebih lancar lagi,” katanya.

Sementara, Manajer Humas PT Jogjasolo Marga Makmur (JMM), Rachmat Jesiman Putra, mengatakan jalan tol dengan ruas sekitar 6 kilometer dari Kartasura hingga STA 6, Desa Ketangguhan, Kecamatan Sawit, Kabupaten Boyolali akan dibuka secara fungsional hanya untuk satu jalur.

“Ini rencananya hanya satu jalur, untuk roda empat yang kecil. Sepertinya hanya untuk dua kendaraan, satu jalur dua kendaraan. Dari pintu masuk sampai pintu keluar satu arah sistemnya,” ucapnya, Minggu (19/3/2023).

BACA JUGA: 4 Kilometer Jalan Tol Jogja Solo Sudah Dibeton

Dia mengatakan selama dibuka secara fungsional saat Lebaran, hanya sebagian kendaraan golongan I yang dapat melalui Tol Jogja Solo. “Untuk kendaraan besar [bus] tidak bisa, hanya kendaraan roda empat yang kecil, angkutan barang juga tidak bisa,” ucapnya.

Rachmat menyampaikan sistem satu arah akan berlaku selama H-7 hingga H+7 Lebaran. “Nanti arus mudik dari Kartasura sampai dengan STA 6, arus balik dari STA 6 Ke Kartasura,” ucapnya.

Saat dibuka secara fungsional, Tol Jogja Solo akan beroperasi dari pukul 07.00-17.00 WIB. Para pengendara yang melalui ruas tol tersebut pun tidak dikenakan biaya atau gratis selama tol tersebut dibuka secara fungsional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Daftar Tanggal Merah Mei 2024, Ada 2 Kali Libur Panjang

News
| Minggu, 28 April 2024, 12:47 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement