Advertisement

Tol Jogja Solo Dibuka Mulai H-7 Lebaran, Ini Aturan Melewatinya

Stefani Yulindriani Ria S. R
Senin, 20 Maret 2023 - 16:12 WIB
Budi Cahyana
Tol Jogja Solo Dibuka Mulai H-7 Lebaran, Ini Aturan Melewatinya Pembangunan Tol Jogja Solo di Kartasura, Jawa Tengah, Selasa (20/9/2022). Sebagian ruas Tol Jogja Solo akan dibuka mulai H-7 Lebaran. - JIBI/Bisnis.com/Himawan L Nugraha

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJATol Jogja Solo ruas Kartasura-STA 6 akan dibuka pada H-7 dan H+7 Lebaran 2023. Aturan melewati tol tersebut sudah ditetapkan. Hanya kendaraan kecil yang boleh lewat pada jam-jam tertentu. 

Manajer Humas PT Jogjasolo Marga Makmur (JMM), Rachmat Jesiman Putra, mengatakan jalan tol dengan ruas sekitar 6 km dari Kartasura hingga STA 6, Desa Ketangguhan, Kecamatan Sawit, Kabupaten Boyolali akan dibuka secara fungsional saat Lebaran tahun ini.

Advertisement

“Ini rencananya hanya satu jalur, untuk roda empat yang kecil. Sepertinya hanya untuk dua kendaraan, satu jalur dua kendaraan. Dari pintu masuk sampai pintu keluar satu arah sistemnya,” ucapnya, Minggu (19/3/2023).

Dia mengatakan selama dibuka secara fungsional saat lebaran, hanya sebagian kendaraan golongan I yang dapat melalui Tol Jogja Solo. “Untuk kendaraan besar [bus] tidak bisa, hanya kendaraan roda empat yang kecil, angkutan barang juga tidak bisa,” ucapnya.

Rachmat menyampaikan sistem satu arah akan berlaku selama H-7 hingga H+7 Lebaran.

“Nanti arus mudik dari Kartasura sampai dengan STA 6, arus balik dari STA 6 Ke Kartasura,” ucapnya.

Saat dibuka secara fungsional, Rachmat mengatakan Tol Jogja Solo akan beroperasi dari pukul 07.00-17.00 WIB. Para pengendara yang melalui ruas tol tersebut pun tidak dikenakan biaya atau gratis selama tol tersebut dibuka secara fungsional.

“Dengan adanya pembukaan fungsional ini kami berharap bisa mengurangi kemacetan dari Tugu Kartasura sampai Boyolali,” ucapnya.

BACA JUGA: Berharap Sewa Sultan Ground untuk Tol Jogja Segera Diputuskan, Sultan: Dibayar Boleh, Enggak Juga Boleh

Hingga saat ini, menurut Rachmat pengerjaan fisik untuk tol dengan ruas tersebut masih menyisakan sekitar 50% yang belum selesai. “Sekarang sudah di 3 km,” ucapnya.

Rachmat menyampaikan hingga saat ini ruas STA 3-6 masih dipasok tanah uruk, untuk persiapan pengerasan tanah tersebut. Dia pun menyampaikan meskipun mendekati bulan puasa, tetapi frekuensi pengerjaan Tol Jogja Solo tidak akan berkurang.

“Kalau untuk frekuensi pekerjaan akan terus dimaksimalkan, meskipun kondisi beberapa hari lagi kita memasuki bulan puasa, akan terus dikejar, tidak akan dikurangi frekuensinya,” imbuhnya.

Dia pun menyampaikan ditargetkan pengerjaan tol sepanjang 6 km akan selesai pada April 2023 maksimal H-7 Lebaran.

BACA JUGA: Jadi Masalah, Dua Cagar Budaya Bekas Tambang Mangan di Kulonprogo Masuk Peta Tol Jogja YIA

Kantor Staf Presiden menegaskan Tol Jogja Solo bisa dilewati oleh pengguna jalan pada mudik dan balik tahun ini. Selama periode Lebaran, Tol Jogja Solo akan dibuka fungsional dan digratiskan.

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Helson Siagian mengatakan Tol Jogja Solo siap difungsikan untuk mendukung arus mudik dan balik pada Lebaran 2023.

“Secara fungsional Jalan Tol Solo Jogja sepanjang enam kilometer siap untuk arus mudik dan balik Lebaran,” kata Helson seusai memimpin rapat koordinasi perkembangan pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) Jalan Tol Solo-Jogja dan Jogja-Bawen, Kamis (15/3/2023).

Jalan Tol Solo-Jogja-Kulonprogo sepanjang 96,57 km terdiri dari tiga seksi yaitu Seksi 1 Kartosura-Purwomartani, Seksi 2 Purwomartani-Gamping, dan Seksi 3 Gamping-Purworejo yang juga akan tersambung ke Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Kulonprogo. Ruas ini dikelola PT Jogjasolo Marga Makmur selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PBNU Siapkan Langkah Strategis Bantu Rakyat Palestina

News
| Kamis, 18 Juli 2024, 15:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Shoulder Season, Periode Berwisata Antiribet

Wisata
| Minggu, 14 Juli 2024, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement