Advertisement

5,9 Juta Pemudik Diperkirakan Masuk ke DIY, Terpusat di Wilayah Selatan

Triyo Handoko
Senin, 03 April 2023 - 08:07 WIB
Sunartono
5,9 Juta Pemudik Diperkirakan Masuk ke DIY, Terpusat di Wilayah Selatan Ilustrasi. - Solopos/Nicolous Irawan

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Perhubungan (Dishub) DIY memprediksi 5,9 juta orang masuk Jogja berdasarkan survei Kementerian Perhubungan. Sedangkan prakiraan Dishub DIY menyebut 1,7 juta orang keluar DIY.

Kepala Bidang Pengendalian Operasional Dishub DIY Sumaryoto menjelaskan arus lalu lintas selama H-7 hingga H+7 lebaran diperkirakan lebih padat dan ramai dari lebaran tiga tahun terakhir. “Sekarang lebih longgar dan cuti lebaran juga diperpanjang, berbeda dari tahun sebelumnya artinya kami bersiap-siap ekstra dari tahun sebelumnya,” jelasnya, Minggu (2/4/2023).

Advertisement

BACA JUGA : Bantul Bakal Kebanjiran 2 Juta Pemudik Lebaran 2023

Sumariyoto menyebut arus lalu lintas saat lebaran di DIY ramai tidak hanya karena mudik tapi juga wisata. “Koordinasi kami dengan berbagai pihak arus wisatawan juga akan meningkat, jadi jalan nanti tak hanya arus mudik dan baliknya api juga wisatawan yang jumlahnya juga tidak sedikit,” katanya. 

Arus lalu lintas wisatawan saat masa lebaran, jelas Sumariyoto, diprediksi akan berpusat di sisi selatan DIY. “Bagian selatan Bantul dan Gunungkidul ini yang akan paling ramai selama libur lebaran karena wisatawan,” ujarnya. 

BACA JUGA : Mudik Lebaran Jogja Jakarta, Ini Pilihan Sleeper Bus dan Tarifnya

Berbagai strategi untuk mengatur padatnya lalu lintas selama libur lebaran, lanjut Sumariyanto, sedang dikoordinasikan dengan berbagai pihak. “Dishub DIY sendiri akan menerjunkan personil semaksimal mungkin dan membangun posko-posko, smenatara ini ada dua posko statis yang dipersiapkan,” ternagnya.

Dua posko statis tersebut akan dipasang di Prambanan dan Patuk. “Di Prambanan karena prediksi kami akan banyak kendaran masuk DIY lewat sana, lalu di Patuk karena medan jalan yang lumayan terjal untuk jaga-jaga kami bikin posko di sana karena berkaca dari tahun sebelumnya banyak wisatawan masuk Gunungkidul saat libur lebaran,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ditanya soal Kemungkinan Maju di Pilkada, Kaesang Memilih Ini

News
| Jum'at, 26 April 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement