Advertisement

Masih Sepi, Pemudik Diperkirakan Masuk Terminal Giwangan Mulai 15 April

Anisatul Umah
Rabu, 05 April 2023 - 13:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Masih Sepi, Pemudik Diperkirakan Masuk Terminal Giwangan Mulai 15 April Suasana di Terminal Giwangan masih sepi pemudik, Rabu (5/3/2023). Anisatul Umah/Harian Jogja. - Harian Jogja/Anisatul Umah

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Menjelang pertengahan puasa Ramadan, Terminal Giwangan belum menunjukkan peningkatan aktivitas. Jumlah bus yang keluar masuk masih sama dengan hari-hari biasa. Berdasarkan pantauan Harianjogja.com, aktivitas di terminal masih lengang.

Petugas Pelayanan Terminal Giwangan, Evak Nurwakhid memperkirakan peningkatan jumlah penumpang akan terjadi pada Sabtu, (15/4/2023) pekan depan. Sementara puncak kepadatan diperkirakan pada 19-20 April 2023, karena mudik gratis baru dimulai pada 19 April 2023.

Advertisement

"Peningkatan akhir pekan depan, kalau sekarang belum ada peningkatan sama sekali masih sama dengan puasa-puasa hari biasa. Pekan pertama dan kedua puasa biasanya memang lengang," ucapnya, Rabu (5/4/2023).

Biasanya penumpang akan banyak turun di Terminal Giwangan pada dini hari sekitar pukul 01.00 - 02.00 WIB karena mereka berangkat dari Jakarta sore hari. Lalu supir akan istirahat setengah hari dan balik ke Jakarta sekitar pukul 12.00 - 17.00 WIB.

Baca juga: Jelang Lebaran Permintaan Telur di Sleman Justru Menurun, Ini Penyebabnya

"Regulerannya memang begitu, dari tahun ke tahun sama, ramainya dini hari. Kecuali kalau ada bus tambahan," jelasnya.

Pada April 2023 rata-rata bus yang masuk Terminal Giwangan 350-400 armada. Pada arus mudik tahun ini jika ramai diperkirakan bisa menembus 500 armada per hari. Evak mengatakan sejak pandemi Covid-19 banyak perusahaan bus yang gulung tikar, sehingga belum bisa dipetakan lebih detail.

"Tahun lalu mulai ada yang bangkit tapi belum seperti pra pandemi. Pra pandemi bisa 900-an. [sebabnya turun] komplikasi ya karena pandemi ya karena saingan transportasi."

Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Giwangan, Bekti Zunanta menyebut kondisi terminal giwangan masih sepi. Dia memprediksi lonjakan akan terjadi pada H-10 lebaran. Peningkatannya diperkirakan sebesar 40 persen.

"Selama Ramadan belum terjadi lonjakan bus. Diperkirakan mendekati H-10. Puncaknya kami menargetkan tanggal 21 April 2023," katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement