Advertisement

Pengamanan Paskah di Bantul Dijaga 875 Polisi

Ujang Hasanudin
Kamis, 06 April 2023 - 20:27 WIB
Maya Herawati
Pengamanan Paskah di Bantul Dijaga 875 Polisi Aparat kepolisian Kabupaten Bantul saat melaksanakan apel pengamanan gereja menjelang Paskah, Kamis (6/3 - 2023).

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Polres Bantul mengerahkan sebanyak 875 personel untuk pengamanan rangkaian perayaan Paskah di sejumlah gereja di Bumi Projotamansari pada Kamis hingga Minggu (6-9/2023) mendatang. Jumlah tersebut belum termasuk tambahan personel dari TNI, Pemkab Bantul dan uga sejumlah sukarelawan.

“Kami telah mempersiapkan ratusan personel untuk membantu pengamanan perayaan Paskah,” kata Kapolres Bantul, AKBP Ihsan, Kamis (6/4/2023).

Advertisement

Ihsan mengatakan personel untuk pengamanan Paskah ditugaskan di sejumlah gereja yang tersebar di seluruh Bantul. Menurutnya, terdapat beberapa gereja besar di wilayah Bantul yang memiliki jemaat dalam jumlah cukup banyak sehingga membutuhkan atensi untuk dilaksanakan pengamanan di antaranya Gereja HKTY Ganjuran, Gereja Pringgolayan Banguntapan, Gereja Santo Yakobus Klodran, Gereja St. Theresia Sedayu, dan Gereja Salib Suci Kasihan.

“Dengan pengamanan yang kami berikan diharapkan perayaan Paskah yang dilakukan umat Kristiani berjalan dengan lancar tanpa ada gangguan dalam apapun," katanya.

Proses pengamanan dilakukan secara terbuka dan tertutup untuk mengamankan kegiatan perayaan Paskah di seluruh Gereja di Bantul. Ia memastikan akan menindak tegas terhadap pelaku kejahatan yang mencoba mengganggu jalannya perayaan Paskah di Bantul.

Selain itu, ia meminta jemaat dan warga untuk tetap tenang dan melaksanakan ibadah sebagaimana mestinya. ”Penjagaan terhadap rumah ibadah gereja akan laksanakan selama 24 jam. Dan telah disiapkan beberapa strategi pengamannya,” katanya.

Meski demikian, Ihsan juga meminta pihak gereja untuk membentuk pengamanan secara internal untuk memastikan setiap jemaat yang datang. Ihsan berharap pelaksanaan kegiatan Paskah dapat berjalan secara dengan aman, lancar, damai, dan sejuk, tanpa ada sedikitpun kendala dalam pelaksaanya.

Sterilisasi Gereja

Selain menerjunkan personel pengamanan, Polres Bantul bersama Tim Penjinak Bom Polda DIY mensterilisasi lima gereja di wilayah Bantul dalam rangka menciptakan suasana perayaan Paskah 2023 yang aman dan kondusif.

Gereja yang disterilisasi antara lain Gereja Katolik Santo Paulus Pringgolayan, Gereja Katolik Santo Yakobus Klodran, Gereja Katolik Hati Kudus Tuhan Yesus Ganjuran, Gereja Katolik Salib Suci Gunung Sempu dan Gereja Santa Theresia Sedayu.

“Sterilisasi dilakukan untuk memastikan lokasi gereja yang akan digunakan untuk pelaksanaan ibadah dan Perayaan Paskah terjamin keamanannya,” kata Wakapolres Bantul, Kompol Sancoko P.Seksono

Kegiatan sterilisasi dilakukan dengan menerjunkan sejumlah personel Polres Bantul berkolaborasi dengan Tim Penjinak Bom Polda DIY yang dipimpin oleh Kompol Suripto. Ia berharap sterilisasi dan pengamanan di gereja-gereja diharapkan memberi keamanan dan kenyamanan bagi seluruh umat Kristiani yang akan menjalankan ibadah Paskah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

3 Wamen Baru Dilantik Jokowi Hari Ini, Ada Ponakan Prabowo dan Sudaryono

News
| Kamis, 18 Juli 2024, 14:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Shoulder Season, Periode Berwisata Antiribet

Wisata
| Minggu, 14 Juli 2024, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement