Advertisement

UIN Sunan Kalijaga Siapkan 1.364 Kuota UM-PTKIN

Lugas Subarkah
Jum'at, 07 April 2023 - 11:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
UIN Sunan Kalijaga Siapkan 1.364 Kuota UM-PTKIN Logo UIN Sunan Kalijaga Jogja. - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta membuka jalur Ujian Masuk-Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) yang digelar secara serentak oleh seluruh PTKIN di bawah naungan Kementerian Agama RI dari tanggal 10 April sampai 15 Mei 2023.

Ketua Admisi UIN Sunan Kalijaga, Ir. Aulia Faqih, menjelaskan Proses seleksi pada jalur UM-PTKIN menggunakan ujian berbasis Sistem Seleksi Elektronik (SSE) yang bisa diikuti oleh siswa kelas 12 di tahun 2023 maupun lulusan MA/SMA/SMK/Pesantren Muadalah/Sederajat tahun 2021 dan 2022.

Advertisement

“Proses seleksi UM-PTKIN dilaksanakan menggunakan sistem berbasis komputer, online-onsite. Bagi yang belum lolos jalur SPAN-PTKIN pun bisa mendaftar melalui jalur UM-PTKIN. Pada jalur ini calon peserta ujian harus membayar biaya pendaftaran sebesar Rp200.000,” katanya, Kamis (6/4/2023).

Sebelum ujian SSE pada tanggal 29 Mei-8 Juni 2023, peserta akan mengikuti uji coba SSE terlebih dahulu tanggal 22-27 Mei 2023. Pada tahapan uji coba, peserta ujian akan melaksanakan simulasi guna memastikan agar pada saat ujian nanti berjalan dengan lancar.

Baca juga: Viral Soimah Mengaku Diperlakukan Tak Mengenakkan oleh Petugas Pajak

“Jadi, walaupun ujian dilaksanakan berbasis online, para peserta tetap harus datang ke kampus yang dipilih sebagai lokasi ujian pada saat pendaftaran. Para peserta nantinya wajib melaksanakan uji coba dan ujian SSE sesuai dengan jadwal yang tertera pada masing-masing kartu ujian peserta”, ujarnya.

Pada jalur UM-PTKIN, UIN Sunan Kalijaga yang merupakan satu-satunya PTKIN terakreditasi Unggul yang menyediakan kuota lebih besar, yakni 1.364 kuota untuk 24 prodi keagamaan.

Adapun materi UM-PTKIN 2023 tidak ada lagi kelompok ujian Sains dan Teknologi (Saintek) maupun Sosial dan Humaniora (Soshum). Peserta akan diberikan materi ujian yang terdiri dari potensi kognitif, literasi matematika, literasi membaca, dan literasi ke-Islaman.

“Ikuti alur pendaftaran dengan baik agar tidak terjadi kesalahan dan persiapkan untuk mempelajari materi-materi yang akan diujikan. Informasi lebih lanjut mengenai Penerimaan Mahasiswa Baru UIN Sunan Kalijaga bisa diakses melalui situs https://admisi.uin-suka.ac.id/," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PBNU Siapkan Langkah Strategis Bantu Rakyat Palestina

News
| Kamis, 18 Juli 2024, 15:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Shoulder Season, Periode Berwisata Antiribet

Wisata
| Minggu, 14 Juli 2024, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement