Advertisement

Keren! Siswa MAN 1 Jogja Ini Lolos Seleksi 5 Kampus Mentereng Dunia Sekaligus

Hadid Husaini
Rabu, 08 Maret 2023 - 19:27 WIB
Arief Junianto
Keren! Siswa MAN 1 Jogja Ini Lolos Seleksi 5 Kampus Mentereng Dunia Sekaligus Fadhil Mufti Putra Fatria. - Harian Jogja/Hadid Husaini

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Jogja bernama Fadhil Mufti Putra Fatria diterima di lima kampus luar negeri sekaligus. Hal itu merupakan imbas dari banyaknya prestasi itu ia torehkan selama mengikuti berbagai kompetisi sains.

Siswa kelas XII MIPA ini mendaftarkan diri di beberapa universitas yang masuk dalam QS World University Ranking melalui program pemerintah Beasiswa Indonesia Maju (BIM) dengan berbagai sertifikat Olimpiade Sains Nasional di berbagai tingkat wilayah.

Advertisement

Kelebihan dalam bidang Geografi membuat dirinya menjatuhkan pilihan pada beberapa universitas, salah satunya University British of Columbia, Kanada.

“Yang saya daftar itu sebenarnya ada sembilan dan Alhamdulillah yang menerima ada lima. Target saya yang utama adalah bisa masuk di University British of Columbia yang Bachelor of Science tapi masih belum dapat LON-nya,” ujar Fadhil, Rabu (8/3/2023). Dirinya juga menyebut University of Toronto sebagai salah satu tujuan pada program Bachelor of Art.

BACA JUGA: Mahasiswa UII Bagikan Strategi Lolos Beasiswa ke Luar Negeri

Kelima universitas luar negeri yang menerima pengajuan Fadhil, masing-masing adalah Univesrity British of Columbia, Kanada; University of Toronto, Kanada; University of Sidney, Australia; Monash University, Australiam Kampus Clayton; dan University of Western Australia, Australia.

Kedua Orang tua Fadhil mengaku sempat bimbang melepasnya menempuh pendidikan di luar negeri. Namun, keduanya memutuskan ikhlas karena hal tersebut sudah menjadi keputusan anaknya.

“Awalnya orang tua minta kuliah di dalam negeri, tapi akhirnya keduanya memahami dan berdoa kepada saya semoga barokah,” ujar siswa asal Mlati, Sleman tersebut.

Beberapa prestasi telah ditorehkan Fadhil, di antaranya adalah dalam OSN 2022 lalu yang merupakan program dari Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemenristek Dikbud RI), Fadhil mendapatkan juara I pada tingkat Kota Jogja, kemudian juara III pada tingkat provinsi, dan medali perunggu di tingkat nasional.

Fadil mengungkapkan bahwa dirinya punya cita-citanya ingin menjadi seorang Analis Geospasial bidang Meteorologi dan Kartografer.

Wakil Kepala Humas MAN 1 YK, Suyanto, menyampaikan bahwa Fadhil disisi lain memang memiliki prestasi yang cemerlang untuk mewakili madrasah di berbagai ajang. Namun dirinya juga menyebut bahwa siswanya yang kutu buku tersebut merupakan siswa yang pendiam.

“Dia anaknya gak banyak bicara, bukan berarti introvert, tapi memang tidak ingin terlalu ekspos akan tetapi Fadhil ini anaknya sopan dan tawaduk” ujar Suyanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PBNU Siapkan Langkah Strategis Bantu Rakyat Palestina

News
| Kamis, 18 Juli 2024, 15:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Shoulder Season, Periode Berwisata Antiribet

Wisata
| Minggu, 14 Juli 2024, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement