Advertisement

Dinpar Ingin 200.000 Wisatawan Serbu Bantul saat Lebaran

Newswire
Sabtu, 08 April 2023 - 23:47 WIB
Maya Herawati
Dinpar Ingin 200.000 Wisatawan Serbu Bantul saat Lebaran Pantai Parangtritis, Bantul, didatangi para wisatawan belum lama ini. - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL--Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, memasang target selama libur Lebaran 2023 jumlah kunjungan wisatawan yang datang mencapai 200.000.

"Untuk target kalau hitungan saya 10 hari bertepatan dengan libur Lebaran kurang lebih 200.000  orang, dengan pendapatan asli daerah [PAD] sebesar Rp2 miliar sampai Rp2,5 miliar," kata Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru Prabowo di Bantul, Sabtu (8/4/2023).

Advertisement

Meski demikian, kata dia, target kunjungan tersebut masih perkiraan awal, dan realisasinya bisa kurang, mengingat pada libur Lebaran 2023 juga bertepatan dengan persiapan ujian sekolah bagi pelajar atau anak sekolah.

"Jadi kami lihat nanti, karena biasanya Lebaran itu ada jeda dengan persiapan ujian sekolah, Lebaran biasanya di Mei atau Juni pengunjung cukup bludak, tetapi Lebaran ini mau masuk ujian, sehingga prediksi tidak sama dengan Lebaran sebelum pandemi," katanya.

Dia mengatakan,  menghadapi lonjakan kunjungan wisata ke Bantul pada libur Lebaran, pihaknya segera mengadakan rapat koordinasi (rakor) bersama organisasi perangkat daerah (OPD) terkait dan kepolisian, karena nantinya ada petugas gabungan yang disiapkan.

"Totalnya sekitar 720 personel gabungan ditempatkan di titik retribusi khususnya di TPR Parangtritis, TPR Depok, TPR Samas, Pantai baru atau di TPR Pandansimo. Untuk sementara kamj fasilitasi kegiatan pengendalian di tempat wisata beretribusi, jadi kami fokus di pantai selatan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemberantasan Judi Online, Pakar Keamanan Siber: Penegakan Hukum Harus Maksimal

News
| Sabtu, 20 April 2024, 22:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement