Advertisement

DIY Bakal Diserbu 5,9 Juta Orang saat Libur Lebaran, Bagaimana Kesiapan Pemda soal Sampah?

Stefani Yulindriani Ria S. R
Minggu, 09 April 2023 - 19:17 WIB
Arief Junianto
DIY Bakal Diserbu 5,9 Juta Orang saat Libur Lebaran, Bagaimana Kesiapan Pemda soal Sampah? Ilustrasi sampah di Pantai Parangtritis. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sebanyak 5,9 juta orang pemudik bakal melintasi DIY saat musim Mudik Lebaran tahun ini. Untuk itu Pemda DIY telah mengantisipasi adanya lonjakan sampah dari aktivitas wisatawan

PJ Sekda DIY, Wiyos Santoso menyampaikan selama Lebaran telah disiapkan sejumlah armada dan petugas kebersihan untuk mengangkut sampah di sejumlah kawasan wisata.

Advertisement

Menurutnya, akan terjadi tambahan wisatawan di DIY yang akan berdampak pada meningkatnya jumlah sampah di DIY.  “Untuk kesiapan di Piyungan [TPST Piyungan Transisi Tahap I] sementara kan masih bisa untuk menampung, walaupun memang dikatakan penuh, untuk periode sebulan dua bulan ini masih bisa digunakan,” katanya, Minggu (9/4/2023).

Untuk itu, pengoptimalan lahan yang ada di TPST Piyungan pun dilakukan. Sementara, kondisi TPST Piyungan saat ini sudah over capacity.

BACA JUGA: 6 Langkah Pemerintah Antisipasi Titik Rawan Macet Saat Masa Mudik

TPST Piyungan Transisi Tahap I diperkirakan hanya bertahan enam bulan, sedangkan TPST Piyungan Transisi Tahap II bakal dibangun tahun ini. 

Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUP ESDM DIY, Rosdiana Puji Lestari pun menyampaikan TPST Piyungan Transisi Tahap II akan dibangun dengan instalasi pengolahan lindi (IPL) yang diperkirakan akan mulai dibangun April ini. 

“Kami bangun bukan hanya TPA Piyungan Transisi, tetapi di situ kami juga membangun hanggar untuk alat beratnya, kemudian drainase pengaman yang sisi utara, kemudian rencananya kami juga akan membuat instalasi pengolahan lindi untuk menampung dari TPA Piyungan Transisi tahap I dan II,” ucapnya. 

Untuk pembangunan tersebut dianggarkan APBD DIY sekitar Rp.34 miliar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement