Advertisement

Kelurahan Keparakan Jemput Sampah dari Warga Lansia

Triyo Handoko
Senin, 10 April 2023 - 19:47 WIB
Maya Herawati
Kelurahan Keparakan Jemput Sampah dari Warga Lansia Pengurus Bank Sampah RW 9 Kelurahan Keparakan saat mengolah sampah bersama. (ist)

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Bank Sampah RW 9, Kelurahan Keparakan punya program inovasi baru yaitu penjemputan sampah bagi warga lansia. Penjemputan sampah tersebut dilakukan secara gratis.

Lewat program tersebut keanggotaan bank sampah meningkat drastis. Dari 12 anggota jadi 64 anggota setelah dilakukan program tersebut. Peningkatan keanggotaan ini juga meningkatkan partisipasi masyarakat dalam penanganan sampah.

Advertisement

Ketua RW 9, Kelurahan Keparakan Bambang Satrio menjelaskan inovasi program penjemputan sampah tersebut dilakukannya pada awal 2023 ini. “Latar belakangnya kami bingung kenapa kok peserta bank sampah cuma itu-itu aja, lalu kami tanya warga lan yang tidak tergabung. Ternyata kebanyakan dari mereka tidak ikut bank sampah karena males antar sampahnya, lalu kami bikin penjemputan tersebut,” jelasnya, Senin (10/4/2023).

Satrio menyebut penjemputan sampah tersebut dilakukan oleh tiga pengurus bank sampah. “Penjemputannya dilakukan sebulan sekali jadi tidak membebani pengurus juga, semuanya untung,” katanya.

Pencatatan pembukuan Bank Sampah RW 9 Kelurahan Keparakan, jelas Satrio, juga dilakukan secara rapi dan transparan. “Kami juga berikan laporannya ke peserta termasuk yang sampahnya kami jemputi sampahnya itu,” katanya.

Pembagian keuntungan juga diberikan secara akuntabel, lanjut Satrio, pada peserta bank sampah. “Semata-mata ini kami lakukan untuk turut mensukseskan program pemerintah dalam mengatasi sampah apalagi sudah digencarkan gerakan zero sampah anorganik juga,” ujarnya.

Tak hanya melakukan penghimpunan sampah, sambung Satrio, bank sampah yang dikelolanya juga turut melakukan edukasi pengolahan sampah yang tepat dan efektif. “Kami sering bikin pelatihan juga agar masyarakat paham pengolahan sampah yang baik, tiap habis pelatihan ternyata ada juga penambahan pesertanya karena memang terbuka untuk umum,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Setelah Lima Hari, 2 Wisatawan yang Berenang di Zona Hahaya Pangandaran Ditemukan Tewas

News
| Rabu, 24 April 2024, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement