Advertisement

PDAM Gunungkidul Siagakan Tim Reaksi Cepat saat Lebaran

David Kurniawan
Senin, 10 April 2023 - 22:27 WIB
Maya Herawati
PDAM Gunungkidul Siagakan Tim Reaksi Cepat saat Lebaran Proses pemasangan mesin pompa sewage 75 KW di intake Baron untuk optimalisasi pelayanan di zona Selatan Gunungkidul. - ist - Foto istimewa PDAM Tirta Handayani

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL– Kebutuhan air bersih pada saat perayaan Hari Raya Idulfitri diprediksi mengalami peningkatan. Meski demikian, PDAM Tirta Handayani memastikan tidak ada masalah karena dilaksankaan optimalisasi sumber sehingga kebutuhan tetap bisa terpenuhi.

Direktur Utama PDAM Tirta Handayani, Toto Sugiharto mengatakan, pihaknya ikut melakukan persiapan guna menyambut perayaan Idulfitri. Salah satu program yang dilakukan dengan membentuk tim reaksi cepat guna mengatasi gangguan aliran ke pelanggan.

Advertisement

Menurut dia, tim ini bertugas selama 24 jam hingga perayaan hari raya berakhir. Oleh karenya, pada saat ada gangguan atau kerusakan, maka akan segera melakukan perbaikan sehingga tidak mengganggu pelayanan.

“Tugasnya sampai libur lebaran berakhir. Jadi, sewaktu-waktu dibutuhkan agar segera terjun ke lokasi yang dibutuhkan,” kata Toto kepada wartawan, Senin (10/4/2023).

Toto berharap selama perayaan berlangsung juga tidak ada gangguan layanan listrik dari PLN. Pasokan daya ini sangat dibutuhkan guna mendukung kelancaran pasokan air bersih ke masyarakat.

Direktur Umum Sulistiyo Wibowo menambahkan, pelanggan PDAM hingga sekarang ada 58.721 sambungan rumah. Ia memastikan selama libur Lebaran pelayanan dipastikan lancar.

Meski demikian, pihaknya juga sudah membuat antisipasi pada saat terjadi gangguan dengan membuka kontak pengaduan. Proses pengaduan dapat dilakukan melalui medsos maupun kontak ke nomor di kantor PDAM.

“Kalau ada gangguan, maka tim kami akan segera menangani. Kami berusaha semaksimal mungkin agar layanan tidak ada kendala di masyarakat,” katanya.

Guna memastikan kebutuhan pasokan air ke masyarakat tetap aman, ada upaya menambah kapasitas mesin pompa. sebagai gambaran untuk potensi sumber air bawah tanah Baron ada pemasangan pompa 75 KW di PDAM cabang Baron.

Selain itu, penambahan mesin pompa berkapasitas 9,2 KW juga dipasang di sumber Sawahan. “Pemasangan ini juga menjadi bagian meningkatkan kualitas pelayanan ke pelanggan. Sebab, saa lebaran diperkirakan kebutuhan air di masyarakat juga meningkat. Jadi, harus diantisipasi agar semuanya lancaar,” kata Direktur Teknik PDAM Tirta Handayani, Imam Prakosa.

Menurut dia, untuk antisipasi gangguan juga sudah menyediakan suku cadang tambahan sehingga bisa langsung dipasang pada saat terjadi permasalahan atau kerusakan. “Cadangan alat sangat penting sehingga bisa langsung diganti pada saat kerusakan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement