Advertisement

Pendopo Tulungo Milik Soimah Ditaksir Mencapai Rp4,7 Miliar, Berapa Pajaknya?

Sunartono
Selasa, 11 April 2023 - 22:57 WIB
Sunartono
Pendopo Tulungo Milik Soimah Ditaksir Mencapai Rp4,7 Miliar, Berapa Pajaknya? Pendopo Tulungo milik artis Soimah. - Instagram.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Kementerian Keuangan mengungkap jumlah taksiran Pendopo Tulungo milik artis Soimah yang berada di Bantul. Pendopo yang dipakai berbagai kegiatan seni serta event pernikahan itu ditaksir oleh petugas pajak bernilai Rp4,7 miliar.

Ditjen Pajak mengakui bahwa ada petugas pajak yang datang ke rumah Soimah untuk melihat dan menaksir bangunan pendopo. Meski demikian pihak pajak membantah pernyataan Soimah yang menyampaikan nilai taksiran Rp50 miliar.

Advertisement

BACA JUGA : Penjelasan Sri Mulyani Terkait Soimah Diperlakukan

Pihak Ditjen pajak lewat video yang diunggah di akun Instagram Sri Mulyani @smindrawati menyatakan angka taksiran pendopo bukan Rp50 juta. “Hasilnya ialah bangunan [pendopo Tulungo] ditaksir Rp4,7 miliar, bukan Rp50 miliar seperti yang disampaikan Bu Soimah,” kata petugas pajak yang memberikan klarifikasi di video tersebut dipantau Harianjogja.com, Selasa (11/4/2023).

Belum diketahui secara pasti berapa pajak yang dibayarkan terkait bangunan tersebut. Pihak Ditjen Pajak justru menyampaikan belum ada tindaklanjut terkait hasil penaksiran yang dilakukan oleh petugas pajak terhadap nilai Pendopo Tulungo.

“Penting dicatat kesimpulan dan rekomendasi petugas pajak [terkait penghitungan taksiran pendopo Tulungo] tersebut bahkan belum dilakukan tindak lanjut,” katanya.

Dalam sebuah wawancara di Youtube Helmy Yahya pada Juli 2022 silam, Soimah mengungkap makna dari penamaan pendopo Tulungo miliknya. Ia berharap pendopo itu memberikan manfaat bagi masyarakat terutama seniman yang ingin berlatih. Karena saat ini semakin banyak seniman namun  kurang ruang untuk latihan.

“Namanya tulungo dari kata pitulungan, aku ambil dari angka 7, 8, 9 ambil tengahnya pitulungo, dengan harapan tempat ini bisa menolong orang dan saya juga butuh pertolongan teman-teman dari luar, sehingga bisa saling tolong menolong,” kata Soimah dalam wawancara tersebut.

BACA JUGA : Viral Soimah Mengaku Diperlakukan Tak Mengenakkan

Pendopo milik Soimah itu pun viral setelah disebutnya dalam wawancara belum lama ini yang diunggah di akun Instagram Butet Kertaradjasa. Pendopo itu diketahui dibidik petugas pajak dengan melakukan pengukuran untuk appraisal nilai.

“Pendopo milik saya yang baru proses dibangun juga selalu diuprek-uprek [petugas pajak] belum jadi tetapi dikelilingi jendela diukur, soko [tuang] diukur, akhir diappraisal katanya hamper Rp50 miliar. Padahal saya yang bikin saja belum tahu total habisnya berapa tetapi orang pajak sudah menghitung hampir Rp50 miliar,” kata Soimah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement