Advertisement

Bukan Rp50 Miliar, Ternyata Segini Nilai Taksiran Pendopo Soimah oleh Petugas Pajak

Sunartono
Senin, 10 April 2023 - 14:27 WIB
Sunartono
Bukan Rp50 Miliar, Ternyata Segini Nilai Taksiran Pendopo Soimah oleh Petugas Pajak Pendopo Tulong milik artis Soimah. - Instagram

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Kementerian Keuangan mengakui bahwa ada petugas pajak yang datang ke rumah Soimah untuk melihat dan menaksir bangunan pendopo. Meski demikian pihak pajak membantah pernyataan Soimah yang menyampaikan nilai taksiran Rp50 miliar.

Pihak Ditjen pajak lewat video yang diunggah di akun Instagram Sri Mulyani @smindrawati menyatakan angka taksiran pendopo bukan Rp50 juta. “Hasilnya ialah bangunan ditaksir Rp4,7 miliar, bukan Rp50 miliar seperti yang disampaikan Bu Soimah, penting dicatat kesimpulan dan rekomendasi petugas pajak tersebut bahkan belum dilakukan tindak lanjut,” kata petugas pajak yang memberikan klarifikasi di video tersebut dipantau Harianjogja.com, Senin (10/4/2023).

Advertisement

BACA JUGA : Ditjen Pajak Bantah Taksiran Bangunan Pendopo Soimah

Ditjen Pajak juga membantah terkait adanya petugas pajak yang datang dan seolah tidak manusiawi. Kedatangan petugas pajak itu diketahui pada Maret 2023 silam untuk menyampaikan SPT Tahunan dan sekadar mengingatkan untuk segera melaporkan SPT.

Bahkan petugas pajak menawarkan bantuan jika terdapat kendala dalam pengisian agar tidak terlambat karena batas pelaporan adalah Maret.

“Kami telah menelusuri chat dan rekaman komunikasi melalui telepon dan WhatsApp dan mendapati dari awal hingga akhir petugas kami sangat santun dalam menyampaikan sehingga detik ini pun meski Ibu Soimah terlambat menyampaikan SPT KPP tidak mengirimkan surat resmi melainkan melakukan pendekatan persuasif,” ujarnya.

Melalui akun Instagramnya, Sri Mulyani mengaku telah mendapatkan video dari seniman Butet Kartaredjasa terkait keluhan Soimah tersebut akibat perlakukan petugas pajak. Ia telah meminta Ditjen Pajak melakukan penelitian terkait masalah tersebut dan hasilnya dijelaskan melalui video yang disampaikan oleh staf dari petugas pajak.

BACA JUGA : Penjelasan Sri Mulyani Terkait Soimah Diperlakukan Tak Mengenakkan Petugas Pajak

“Saya mendapat kiriman video dari Mas @masbutet yang mengadu ke saya mengenai keluhan dan kekesalan Bu @showimah akibat perlakuan “aparat pajak”. Saya meminta tim @ditjenpajakri melakukan penelitian masalah yang dialami Bu Soimah. Berikut penjelasan secara lengkap, detail, dan akurat dari rekan-rekan @ditjenpajakri. Semoga memberikan titik terang bagi masyarakat. Kami akan terus melakukan perbaikan pelayanan. Terima kasih atas masukan dan kritikan yang konstruktif,” tulis Sri Mulyani di akun Instagram resminya @smindrawati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Suplemen Diet Jepang Akibatkan 100 Orang Dirawat dan Lima Orang Meninggal

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement