Advertisement

Mari Rayakan Kemenangan dengan Berwisata di Sleman

Media Digital
Rabu, 12 April 2023 - 08:10 WIB
Abdul Hamied Razak
Mari Rayakan Kemenangan dengan Berwisata di Sleman Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa

Advertisement

SLEMAN—Hari Raya Idulfitri selalu dinanti-nanti setiap tahunnya. Idulfitri menjadi sebuah momentum saling bermaafan, berkumpul dengan keluarga dan orang terkasih serta berbagi kegembiraan. Momentum ini menjadi refleksi kegembiraan sekaligus waktu yang tepat untuk berbagi sukacita serta berkah bagi sesama. 

Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa mengatakan tahun ini Idulfitri kembali dirayakan tanpa pembatasan setelah di tahun-tahun sebelumnya masih dibayang-bayangi pandemi. Kementerian Perhubungan memprediksi potensi pergerakan masyarakat di masa mudik Lebaran 2023 mencapai 123,8 juta orang, dimana 5,8 juta diantaranya diperkirakan akan memasuki DI Yogyakarta. 

Advertisement

"Sebagai salah satu destinasi wisata di DIY, Kabupaten Sleman telah mempersiapkan ragam gelaran wisata dan pilihan destinasi wisata mulai dari wisata," katanya, Rabu (12/4/2023).
Dijelaskan Danang, Kabupaten Sleman siap menyambut kedatangan para pemudik. "Melalui Dinas PUPKP, saya memastikan zero hole atau bebas lubang di seluruh ruas jalan yang dilewati arus mudik Idulfitri 1444 H di wilayah Sleman.  Kami berharap upaya ini dapat memperlancar arus mudik dan mencegah kemacetan di masa mudik lebaran," katanya.

"Selain berkumpul dengan keluarga, mudik juga identik dengan berwisata. Tidak bisa dipungkiri bahwa masa cuti lebaran menjadi kesempatan yang tepat untuk sekaligus melepas penat di berbagai destinasi wisata. Memanfaatkan libur panjang lebaran, Sleman siap menyambut 1 juta wisatawan," tambah Danang.

Menurut Danang, pariwisata masa kini telah menjadi kebutuhan masyarakat modern. Melakukan perjalanan wisata bahkan telah dianggap sebagai hak. "Oleh karena itu, kami sadar pengelolaan kepariwisataan yang baik akan mampu membuka peluang bagi tumbuhnya ekonomi. Penggunaan bahan dan produk lokal dalam layanan wisata akan membukakan kesempatan kepada industri lokal untuk tumbuh. Syarat utamanya adalah adalah kualitas pelayanan yang berkelas dan bermutu tinggi," ujarnya.

Danang mengatakan, Sleman kaya akan destinasi wisata, mulai dari eksotisme lereng Merapi di Sleman utara, wisata candi dan geo heritage di Sleman timur khususnya Prambanan dan Berbah, hingga wisata alam baru di wilayah Sleman Barat di Godean dan Moyudan. Belum lagi destinasi wisata kuliner yang tersebar di semua wilayah Sleman.

Sleman juga menawarkan wisata atraksi di area destinasi wisata. Kesejukan wilayah Kaliurang dan lereng Gunung Merapi yang juga dilengkapi dengan atraksi Lava Tour dan menyeduh kopi asli Merapi. "Kami juga mengundang pengunjung untuk menikmati atraksi budaya, musik dan kesenian dengan latar belakang indahnya landscape geo heritage di Breksi dan sekitarnya. Menikmati suguhan kuliner sambal berwisata bersama keluarga di studio alam. Sleman juga menyediakan spot-spot instragramable bagi generasi milenial," ujarnya.

Berbagai paket wisata nostalgia, lanjut Danang, juga ditawarkan oleh puluhan desa wisata. Beragam  aktivitas di desa wisata seperti ekowisata wisata budaya & kesenian, wisata budidaya pertanian, perikanan dan peternakan. "Wisata edukasi yang menggabungkan petualangan sambil menikmati suka cita bersama orang-orang tercintaDesa wisata di Sleman juga siap menjadi ajang reuni antar sahabat dan saudara," katanya.

Pemkab Sleman, katanya, berkomitmen untuk menjadi tuan rumah yang bertanggung jawab demi mencapai target 1 juta kunjungan wisatawan di Kabupaten Sleman selama bulan April ini. "Saya mengajak masyarakat dan pemudik untuk menyambut sukacita hari kemenangan ini dengan berwisata di Sleman. Tentunya dengan tetap memenuhi protokol kesehatan," katanya.

"Semoga mudik lebaran kali ini memberikan kesan mendalam bagi para pemudik sekaligus memberikan berkah bagi seluruh masyarakat Sleman. Selamat Merayakan Hari Kemenangan," tambah Danang. (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AS Disebut-sebut Bakal Memberikan Paket Senjata ke Israel Senilai Rp16 Triliun

News
| Sabtu, 20 April 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement