Advertisement

500 Titik LPJU Rusak, Dishub Gunungkidul Kebut Perbaikan

David Kurniawan
Kamis, 13 April 2023 - 18:27 WIB
Abdul Hamied Razak
500 Titik LPJU Rusak, Dishub Gunungkidul Kebut Perbaikan Ilustrasi perawatan LPJU - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, Gunungkidul – Dinas Perhubungan (Dishub) Gunungkidul terus melakukan perbaikan fasilitas Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) yang rusak. Perbaikan ratusan LPJU tersebut ditarget rampung pada H-2.

Kepala Seksi Penerangan Jalan Umum, Dishub Gunungkidul, Priyadi mengatakan perbaikan LPJU bertujuan untuk menjaga keamanan dan keselamatan para pemudik. Program ini sudah berjalan dengan menyasar ke titik-titik kerusakan. Berdasarkan hasil indetifikasi, total 500 titik LPJU yang rusak. Hingga kini perbaikan terus dilakukan agar dapat memenuhi target.

Advertisement

“H-2 Lebaran harus selesai. Makanya perbaikan LPJU rusak terus kami kebut,” kata Priyadi saat dihubungi, Kamis (13/4/2023).

Menurut dia, fokus utama perbaikan dilakukan di jalur utama seperti di Jogja-Wonosari. Selain itu, juga menyasar di area perkotaan seperti di Kapanewon Wonosari. "Kami selesaikan yang jadi prioritas. Baru setelahnya menyasar ke daerah-daerah yang titiknya mati,” katanya.

Hal sama diungkapkan oleh Kepala Bidang Penerangan Jalan Umum dan Perparkiran, Dishub Gunungkidul, Ely Siswanta. Menurutnya, proses perbaikan berlangsung dengan lancar dan optimistis perbaikan LPJU dapat diselesaikan sesuai target.

“Perbaikan tidak hanya menyasar di aset milik kabupaten, tapi LPJU yang miliknya provinsi atau Pemerintah Pusat juga diperbaiki kalau memang ada kerusakan,” katanya.

Menurut dia, perbaikan sebagai upaya memberikan kenyamanan berkendara bagi para pemudik saat malam hari. Jika LPJU berfungsi dengan baik, maka risiko kecelakaan juga dapat ditekan. “Tentunya risiko kecelakaan juga dibutuhkan peran dari pengendara untuk berhati-hati saat di jalan,” katanya.

Disinggung tagihan listrik LPJU, Ely memastikan tidak ada masalah karena anggarannya sudah disiapkan dalam kurun waktu satu tahun. “Satu bulannya untuk tagihan hampir mencapai Rp1 miliar dan semua sudah disediakan sehingga tidak ada masalah,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenkes Buka Pendaftaran Lowongan Nakes untuk 4 Rumah Sakit

News
| Kamis, 25 April 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement