Advertisement

Mau Lewat Tol Solo-Jogja secara Gratis Saat Mudik? Begini Caranya

Restu Wahyuning Asih
Jum'at, 14 April 2023 - 20:37 WIB
Abdul Hamied Razak
Mau Lewat Tol Solo-Jogja secara Gratis Saat Mudik? Begini Caranya Pembangunan Jalan Tol Solo-Yogyakarta-Kulonprogo Seksi 1, Senin (27/2/2023). JIBI - Annasa Rizki Kamalina

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO– Jalan Tol Jogja-Solo (Joglo) Seksi 1.1 akan dibuka fungsional secara gratis selama arus mudik dan arus balik Lebaran 2023.Pembukaan tol secara fungsional sepanjang 6 kilometer ini dimulai pada besok, Sabtu (15/4/2023). Hal ini juga menyiasati kepadatan arus mudik yang diprediksi dimulai pada hari ini, Jumat.

Direktur Teknik PT Jogjasolo Marga Makmur (JMM), Pristi Wahyono meminta pemudik untuk mengecek jalur tol fungsional ini karena akan diberlakukan satu arah saat arus mudik dan arus balik.

Advertisement

Pristi menjelaskan, pemberlakuan satu arah ke arah selatan dari Exit Toll Colomadu ke Sawit, Boyolali, mulai 15 April-24 April. Kemudian satu arah ke utara, Sawit ke Kartasura, akan diberlakukan mulai 25 April-1 Mei 2023.

Perlu dicatat juga, jalur fungsional ini hanya dibuka pada pukul 06.00-17.00 WIB, lantaran belum terfasilitasi lampu penerangan jalan umum (PJU).

Adapun jenis mobil yang boleh melintas hanya kendaraan kecil, atau golongan I.

Direktur Pengembangan Bisnis Jasa Marga, Mohamad Agus Setiawan, mengatakan untuk menjaga keamanan perjalanan para pengendara, pihaknya memastikan sejumlah rambu-rambu lalu lintas akan terpasang pada saat tol mulai dibuka fungsional.

"Saat ini masih dalam tahap proyek dengan melengkapi rambu-rambu petunjuk di luar jalur fungsional mudik kemudian di sepanjang jalur fungsional itu pembatas lajur fungsional nya sudah disiapkan," kata Agus dalam kesempatan yang sama.

Di sisi lain, Jasa Marga akan mempersiapkan posko lebaran beserta petugas yang berjaga untuk kelancaran penggunaan jalan tol fungsional tersebut. Terdapat 3 Posko Pengamanan Jalur Lebaran di Exit Tol Colomadu (Sta. 0+600), Pintu Keluar Sawit (Sta. 6+100), dan traffic light Bangak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jamaika Resmi Mengakui Kedaulatan Palestina

News
| Kamis, 25 April 2024, 10:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement