Advertisement

Catat! Ini Perubahan Jam Pelayanan RSUD Panembahan Senopati Bantul Selama Libur Lebaran

Ujang Hasanudin
Jum'at, 14 April 2023 - 12:57 WIB
Jumali
Catat! Ini Perubahan Jam Pelayanan RSUD Panembahan Senopati Bantul Selama Libur Lebaran RSUD Bantul-Harian Jogja - Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Manajemen RSUD Panembahan Senopati Bantul melakukan perubahan sejumlah layanan kesehatan selama libur dan cuti lebaran Idulfitri 1444 Hijriah.

BACA JUGA: RSUD Panembahan Senopati Bantul Optimistis Capai Target

Advertisement

Libur dan cuti di rumah sakit milik Pemkab Bantul tersebut hanya 21-24 April 2023 atau tidak sama dengan libur dan cuti ASN pada umumnya dari 19-25 April 2023.

“Rabu dan Kamis atau 19 dan 20 April kami masih masuk seperti biasa. Cuti dimulai 21-24 April. Pada tanggal 25 April sudah masuk kembali,” kata Direktur Utama RSUD Panembahan Senopati Bantul, Atthobari, dalam jumpa pers Jumat (14/4/2023).

Atthobari mengatakan manajemen juga sudah melakukan pengaturan jam pelayanan selama libur dan cuti lebaran supaya masyarakat juga tetap terlayani. Untuk pasien yang kontrol rutin sudah disesuaikan minimal kontrol sebelum libur dan cuti lebaran atau setelahnya.

Namun jika obat habis di masa libur dan cuti lebaran, maka pengambilan obat bisa dilayani melalui Instalasi Gawat Darurat (IGD). “Pelayanan IGD kita buka selama 24 jam meskipun di masa libur dan cuti lebaran,” katanya.

Pelayanan Obstetri Neonatal Emeregency Komprehensif (PONEK) atau pelayanan ibu melahirkan juga tetap siaga 24 jam. Sementara pelayanan hemodialisa atau pasien cuci darah yang rutin akan dilayani pada 21dan 22 April dimulai pukul 12.00 WIB sampai selesai. Pihak rumah sakit memberlakukan piket petugas.

“Jadi untuk layanan cuci darah tetap dilayani, ada petugas karena kasihan bagi pasien yang seharusnya jadwal cuci darah di hari tersebut kalau diliburkan, cuci darah tidak bisa ditunda,” ujarnya.

Pelayanan poliklinik libur total mulai dari 21-24 April 2023 dan buka kembali pada 25 April 2023. Klinik hematologi dan onkologi medik juga tutup pada 21-24 April 2023.

“Tapi pelayanan kemotrapi rutin pasien menderita kanker rutin sudah jadwalkan sesuai jadwal yang sudah ditentukan,” ucapnya.

Pelayanan rehabilitasi medik seperti fisioterapi, terapi wicara, dan okupansi juga tutup selama 21-24 April 2023 dan buka kembali pada 25 April 2023. Pelayanan rawat inap, rawat intensif buka seperti biasa.

Pelayanan medik penunjang operasional 24 jam antara lain instalasi laboratorium, instalasi radiologi tetap buka dengan sistem sif. Demikian pelayanan penunjang medik yang meliputi pendaftaran rekam medik, instalasi farmasi, instalasi gizi, gas medik, dan ambulan juga tetap buka 24 jam.

Wakil Direktur RSUD panembahan Senopati Bantul, Sidiq Rohadi memastikan semua pelayanan yang buka selama libur dan cuti lebaran ada petugasnya karena diberlakukan sistem sif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Suami Mutilasi Istri di Ciamis: Polisi Periksa Kejiwaan Pelaku

News
| Sabtu, 04 Mei 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement