Advertisement

Dispar Bantul Targetkan PAD Libur Lebaran Sebesar Rp2,5-Rp3 Miliar

Yosef Leon
Selasa, 18 April 2023 - 15:27 WIB
Jumali
Dispar Bantul Targetkan PAD Libur Lebaran Sebesar Rp2,5-Rp3 Miliar Suasana TPR Parangtritis, Rabu (4/5/2022) siang. - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Dinas Pariwisata (Dispar) Bantul menargetkan pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor wisata saat libur Lebaran mencapai Rp2,5 hingga Rp3 miliar. Jumlah itu naik dibandingkan tahun lalu yang mampu meraup sebanyak Rp2 sampai Rp2,5 miliar.

BACA JUGA: Dispar Bantul Diminta Awasi Jalur Tikus

Advertisement

"Itu mulai 22 April sampai 1 Mei. Dengan target kunjungan wisatawan sekitar 250.000 sampai 300.000. Targetnya kami naikkan 10 sampai 15 persen dibandingkan tahun lalu," kata Kepala Dispar Bantul Kwintarto Heru Prabowo Selasa (18/4/2023).

Target itu, kata dia, cukup realistis mengingat kunjungan wisatawan tertinggi ke Bantul pada hari biasa hanya mencapai angka 22.000. Sementara di masa akhir pekan dan hari libur biasa mencapai angka 14.000 orang. Sementara di Lebaran nanti diproyeksikan kunjungan wisatawan mencapai angka 25.000-30.000 orang per hari.

"Kami prediksi kunjungan wisata masih terpusat di Pantai Parangtritis karena legendaris. Pantai Baru dan Gua Cemara juga tidak akan mampu menandingi. Sampai sekarang masih terpaut jauh," ujarnya.

Kwintarto menyebut, Dispar akan menambah jumlah personel di posko TPR Parangtritis. Jika di hari biasa ada sebanyak 34 petugas yang berjaga, sementara di libur Lebaran nanti menjadi sebanyak 75 orang. Kemudian pada 26-29 April menjadi 68 orang dan tiga hari ke depannya lagi menjadi 72 orang.

"Perubahan jumlah personel yang berjaga itu sudah kami perhitungkan dengan posisi strategis. Mereka nanti akan siaga 24 jam," ujarnya.

Sementara untuk mengatasi kemacetan lalu lintas di seputaran pintu masuk TPR, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan dan petugas kepolisian. Manajemen laku lintas akan dibuat fleksibel dengan menyesuaikan kondisi di lapangan.

"Kalau terlalu padat nanti akan dibuat one way, dibuang lewat Jembatan Kretek dua dan arus dari Pantai Depok ke utara yang lewat dijadikan jalur keluar," katanya.

Untuk mengantisipasi kasus nuthuk tarif parkir dan dagangan di sepanjang wisata pantai pihaknya telah berkoordinasi dengan Forkom Karang Taruna Parangtritis dengan mengeluarkan surat edaran kepada pedagang dan juru parkir agar tidak aji mumpung saat libur Lebaran nanti.

"Kalau ada wisatawan yang mengalami adukan saja ke posko yang ada di sekitar lokasi atau ke media sosial kami. Pasti akan ditindaklanjuti dan kami berikan sanski tegas," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pembangunan Rusun ASN di IKN Capai 40 Persen

News
| Sabtu, 27 April 2024, 05:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement