Advertisement

Kendaraan di Gunungkidul Masih Didominasi Pelat Lokal

David Kurniawan
Selasa, 18 April 2023 - 20:17 WIB
Maya Herawati
Kendaraan di Gunungkidul Masih Didominasi Pelat Lokal

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Jelang Perayaan Hari Raya Idulfitri pusat perbelanjaan di Kota Wonosari mulai diserbu  warga. Kondisi ini berdampak terhadap peningkatan volume kendaraan yang melintas.

Peningkatan volume kendaraan, salah satunya terlihat di jalur utama Wonosari di Jalan Brigjend Katamso. Meski belum sampai menyebabkan macet, namun keramaian mulai terasa. Hanya saja, aktivitas lalu lalang kendaraan didominasi oleh kendaraan pelat lokal Gunungkidul maupun DIY. Adapun pelat dari luar daerah masih sedikit.

Advertisement

Salah seorang juru parkir di Jalan Brigjend Katamso, Jumadi mengatakan beberapa hari jelang Lebaran sudah mulai terlihat peningkatan arus kendaraan yang datang ke Wonosari. Ia mencontohkan, pada Selasa (18/4/2023) parkiran mulai dari samping Kantor BPD DIY hingga Pasar Argosari hampir terus penuh.

Kendaraan yang parkir juga silih berganti. Lalu lalang kendaraan di jalan juga terlihat ramai, meski tidak sampai menimbulkan kemacetan,” kata Jumadi kepada Harianjogja.com, Selasa siang.

Meski demikian, ia mengakui untuk lalu lalang kendaraan yang melintas masih didominasi oleh plat dari lokal. Baik, Gunungkidul maupun wilayah DIY lainnya.

Adapun untuk plat luar seperti Jakarta, Tanggerang, Bogor, Bandung, Surabaya atau lainnya masih belum banyak.

“Plat luar yang masuk baru dari Solo. Sedangkan dari Jakarta masih sedikit,” ungkapnya.

Menurut Jumadi, kendaraan plat dari luar kota belum banyak dikarenakan belum memasuki waktu libur. Sesuai dengan kebijakan dari Pemerintah Pusat, libur dan cuti bersama Lebaran baru dimulai 19 April.

Hal ini berarti masih banyak perantau yang belum mudik ke kampung halaman. “Mungkin aktivitas mobil plat luar daerah baru terlihat signifikan dalam waktu satu atau dua hari ke depan. Kan momennya sudah masuk liburan,” katanya.

Hal tak jauh berbeda diungkapkan oleh Bupati Gunungkidul, Sunaryanta. Menurut dia, tahun ini tidak ada larangan mudik dari Pemerintah Pusat.

Diprediksi ada lonjakan pemudik yang signifikan. Meski demikian, Sunaryanta mengakui hingga Selasa siang kedatangan pemudik belum banyak yang ditandai masih sedikitnya kendaraan plat dari luar daerah ke Gunungkidul.

“Sudah ada yang masuk, tapi jumlahnya masih sedikit,” katanya.

Ia berharap kepada para pemudik maupun pengendara di jalanan untuk berhati-hati dan terus menaati peraturan lalu lintas. “Kalau capek istirahat. Tidak usah ngebut di jalanan demi keselamatan bersama,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Mendampingi Anak untuk Merdeka Belajar

Mendampingi Anak untuk Merdeka Belajar

Jogjapolitan | 5 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PBB Sebut Evakuasi Warga Rafah Butuh Waktu 10 Hari

News
| Rabu, 01 Mei 2024, 21:57 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement