Advertisement

Sebelum Libur Lebaran, Cek Apakah Tagihan PDAM Sudah Dibayar?

Abdul Hamied Razak
Rabu, 19 April 2023 - 08:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Sebelum Libur Lebaran, Cek Apakah Tagihan PDAM Sudah Dibayar? Direktur PDAM Tirta Sembada Sleman, Dwi Nurwata (kanan) menyerahkan pohon kaktus kepada pengendara saat Sosialisasi dan Kampanye Melestarikan Air Tanah agar Berkesinambungan (Mantab) Memperingati Hari Air Sedunia 2022 di perempatan Denggung, Tridadi, Sleman, Senin (21/2/2022). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN— Masyarakat dalam waktu dekat akan merayakan Idulfitri. Sebelum mudik dan merayakan libur lebaran 2023, warga diminta untuk mengecek kembali apakah seluruh tagihan sudah dibayar.

Direktur PDAM Tirta Sembada Sleman Dwi Nurwata mengingatkan masyarakat untuk tidak melupakan kewajiban membayar tagihan apapun sebelum larut dalam perayaan Idulfitri. Termasuk pembayaran tagihan PDAM.

Advertisement

"Hal ini penting agar pelanggan nanti tidak terkena denda, kalau sampai tiga kali menunggak bisa disegel. Jadi apapun bentuk tagihannya sebaiknya dibayar dulu," kata Dwi, awal pekan ini.

Dwi mengingatkan hal itu bukan tanpa alasan. Pasalnya, durasi libur Lebaran 2023 berlangsung selama sepekan dan dinilai cukup panjang. Terkait dengan pelayanan pembayaran sendiri, PDAM bisa melalui mitra pembayaran online maupun Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

BACA JUGA: Konsumsi Air Bersih Saat Libur Lebaran Naik 15%, PDAM Sleman Siapkan Ini

Menurut Dwi, tren pemakaian air di Sleman mengalami peningkatan sejak awal Ramadan. Hal itu juga sudah diantisipasi sebelumnya oleh PDAM dengan terus mengamankan pasokan air bersih.

"Nah, saat libur Lebaran nanti kami juga sudah antisipasi dengan sejumlah langkah. Salah satunya dengan menyiapkan cadangan sumber air. Sumber ini terdapat di beberapa titik," katanya. 

Untuk memenuhi kebutuhan pelanggan di wilayah timur, PDAM menyiapkan cadangan di Kapanewon Depok sedangkan area barat dibackup menggunakan fasilitas SPAM Regional Bantar.

"Pelanggan kami 42.700 SR sementara debit produksi (total) 4800 liter perdetik ditambah cadangan 40 liter per detik. Di atas kertas sebenarnya masih aman. Mudah-mudahan tidak ada force majeure," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Warga Iran Dukung Langkah Pemerintah Menyerang Israel

News
| Sabtu, 20 April 2024, 12:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement