Advertisement

BMKG: Awas! DIY Dilanda Cuaca Ekstrem Tiga Hari ke Depan

Triyo Handoko
Rabu, 26 April 2023 - 15:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
BMKG: Awas! DIY Dilanda Cuaca Ekstrem Tiga Hari ke Depan Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Stasiun Meteorologi BMKG DIY memprediksi tiga hari ke depan Kota Jogja dan wilayah lainnya di DIY akan diguyur hujan. Tak hanya hujan, BMKG menyebut ada potensi cuaca ekstrem selama tiga hari ke depan, yakni Kamis-Sabtu (27-29/4/2023).

Stasiun Meteorologi BMKG DIY menjelaskan cuaca ekstrem tersebut berupa angin kencang dan petir, selain hujan lebat. Penyebab cuaca ekstrem ini adalah Sirkulasi Siklonik di Samudera Hindia Barat Sumatera yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin atau konvergensi yang terpantau memanjang melewati pulau Jawa. 

Advertisement

“Adanya kondisi tersebut diprediksi mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar Sirkulasi Siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut. Labilitas lokal yang kuat di wilayah DIY juga mendukung proses konvektif yakni proses pertumbuhan awan awan hujan yang signifikan khususnya di daerah utara DIY,” jelas Stasiun Meteorologi BMKG DIY, Warjono pada Rabu (26/4/2023).

Warjono merinci cuaca ekstrem ini akan terjadi untuk Kamis (27/4/2023) di wilayah Kota Jogja, Sleman dan Kulonprogo bagian Utara. Sedangkan pada Jumat (28/4/2023) akan terjadi di wilayah Kota Jogja, Sleman dan Kulonprogo bagian Utara. “Lalu Sabtu [29/4/2023] potensi yang dilanda wilayahnya juga sama yaitu Kota Jogja, Sleman dan Kulonprogo bagian Utara,” katanya.

Baca juga: Sinar UV Ekstrem Serang Jogja Hari Ini

Prakiraan cuaca ekstrem tersebut, jelas Warjono, sudah disampaikan ke berbagai pihak. “Terutama BPBD DIY sudah kami sampaikan, kami minta agar masyarakat juga turut waspada agar menghindari kejadian tak diinginkan,” ujarnya.

Potensi bencana yang ditimbulkan cuaca ekstrem ini, menurut Warjono, adalah banjir, tanah longsor, angin kencang dan puting beliung. “Untuk masyarakat yang ingin memperoleh informasi terupdate pada hari-hari itu bisa mengakses media sosial BMKG atau website kami,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Terbitkan Aturan Turunan Terkait Tindak Pidana Kekerasan Seksual

News
| Sabtu, 27 April 2024, 07:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement