Advertisement

Waspada! Hujan Deras Disertai Angin Kencang Bakal Melanda Jogja 3 Hari ke Depan

Anisatul Umah
Sabtu, 25 Maret 2023 - 15:17 WIB
Sunartono
Waspada! Hujan Deras Disertai Angin Kencang Bakal Melanda Jogja 3 Hari ke Depan Ilustrasi hujan lebat. - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Masyarakat yang beraktivitas di wilayah DIY sebaiknya mempersiapkan payung maupun jas hujan. Mengingat selama tiga hari ke depan bakal terjadi hujan ringan hingga lebat untuk wilayah Jogja atau secara umum DIY.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) DIY menyatakan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat akan mengguyur beberapa wilayah di DIY hingga tiga hari ke depan.

Advertisement

Prakirawan Stasiun Meteorologi Yogyakarta International Airport, Rahmad Tauladani menyampaikan pada hari ini masyarakat diminta waspada pada potensi hujan yang bisa disertai kilat dan angin kencang. Wilayahnya meliputi Kota Jogja, Sleman, Bantul bagian Utara, Kulonprogo bagian Utara, dan Gunungkidul bagian Utara.

BACA JUGA : Waspada! Cuaca Ekstrem Diprediksi Masih Melanda

"Waspada potensi hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang," ucapnya, Sabtu (25/3/2023).

Di hari berikutnya hujan akan mengguyur di Kota Jogja, Sleman, Bantul bagian Utara, Kulonprogo bagian Utara, dan Gunungkidul bagian Utara. Sama dengan hari pertama, hujan juga berpotensi disertai kilat dan angin kencang.

"[hari ketiga] Waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang di seluruh wilayah DIY," jelasnya.

Selain itu, BMKG juga menyampaikan peringatan dini gelombang tinggi. Pola angin di wilayah Indonesia bagian Utara dominan bergerak dari Timur Laut - Timur dengan kecepatan angin berkisar 3-15 knot. Sedangkan wilayah Indonesia bagian Selatan dominan bergerak dari Timur - Tenggara dengan kecepatan angin berkisar 3-20 knot.

BACA JUGA : Waspada! DIY Bakal Dilanda Cuaca Ekstrem hingga 3 Hari

Tinggi gelombang 2,5 sampai 4 meter berpeluang terjadi di perairan Selatan Cilacap, Kebumen, Purworejo, dan Yogyakarta. Kepada nelayan diharapkan memperhatikan risiko keselamatan.

"Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar waspada."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Aniaya Wartawan, Danlanal Ternate Copot Komandan Pos Lanal Hasel

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement