Advertisement

Waspada! DIY Bakal Dilanda Cuaca Ekstrem hingga 3 Hari ke Depan

Anisatul Umah
Rabu, 22 Februari 2023 - 15:37 WIB
Arief Junianto
Waspada! DIY Bakal Dilanda Cuaca Ekstrem hingga 3 Hari ke Depan Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN — Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) DIY memprediksi hujan masih akan mengguyur DIY sampai 24 Februari 2023 mendatang. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Kelompok Foreskater BMKG YIA, Romadi.

Dia mengatakan berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer terkini, BMKG DIY mengidentifikasi masih tingginya potensi curah hujan dalam periode tiga hari kedepan di sebagian besar wilayah DIY.

Advertisement

"Kondisi tersebut dipicu adanya pusat tekanan di selatan perairan Bali Nusa Tenggara yang membentuk pola belokan angin di sebagian besar wilayah Jawa termasuk wilayah DIY," ucapnya, Rabu (22/2/2023).

Profil vertikal kelembaban udara cukup tinggi mencapai di atas 70%. Serta labilitas lokal pada siang hari yang cukup kuat turut berkontribusi terhadap pembentukan awan hujan di wilayah DIY.

BACA JUGA: Cuaca Ekstrem, Nelayan Kulonprogo Terpaksa Menepi

Menurutnya, kondisi ini bisa meningkatkan potensi cuaca ekstrem dalam periode tiga hari kedepan. Hujan diperkirakan akan terjadi dengan intensitas sedang hingga lebat. "Bisa disertai kilat dan angin kencang untuk periode 22-24 Februari 2023 dapat terjadi di wilayah DIY," kata dia.

Lebih lanjut dia menyampaikan, kondisi cuaca di DIY beberapa hari sebelumnya mengalami kecenderungan panas di sebagian besar wilayah. Kondisi ini dipicu adanya bibit siklon tropis di 99W di Perairan Filipina sebelah di timur Laut Manila.

Bibit siklon tropis tersebut menyebabkan pola konvergensi beralih yang awalnya di perairan selatan Jawa, bergeser ke wilayah perairan Utara Jawa, sehingga jawa bagian Selatan berkurang curah hujannya dan cenderung panas. "Bibit siklon 99w saat ini sudah melemah dan memasuki daratan sehingga tidak berdampak atau berpengaruh untuk wilayah Indonesia."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Pastikan Tidak Impor Bawang Merah Meski Harga Naik

News
| Kamis, 25 April 2024, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement