Advertisement

BMKG Perkirakan Hujan Lebat Akan Guyur DIY 2-3 Hari ke Depan

Anisatul Umah
Kamis, 02 Maret 2023 - 15:07 WIB
Jumali
BMKG Perkirakan Hujan Lebat Akan Guyur DIY 2-3 Hari ke Depan Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun klimatologi Sleman memperkirakan hujan lebat masih akan mengguyur wilayah DIY dua sampai tiga hari ke depan.

BACA JUGA: Lokasi Rawan Genangan Air di Jogja dan Sekitarnya

Advertisement

Kepala Kelompok Data dan Informasi BMKG Stasiun klimatologi Sleman, Etik Setyaningrum mengungkapkan, berdasarkan hasil pengamatan pergerakan Monsun Asia/angin baratan yang membawa uap air hangat dan lembab dalam intensitas kuat di atas wilayah Jawa khususnya DIY.

Pergerakan Monsun Asia berasal dari barat dengan dominansi sifat basah. Alhasil, dalam beberapa hari ini pola angin di atas wilayah DIY terdapat pertemuan angin atau konvergensi yang memicu terjadinya hujan lebat.

"Pertumbuhan awan-awan konvektif pemicu hujan lebat hingga sangat lebat. Diperkirakan akan berlangsung dalam dua sampai tiga hari ke depan," ucapnya dihubungi, Kamis (2/3/2023).

Menurutnya berdasarkan monitoring perkembangan iklim di wilayah DIY pada dasarian III Februari 2023, secara umum wilayah DIY masih dalam periode musim hujan. Diperkirakan sepanjang Maret 2023 curah hujan akan terjadi dengan kriteria menengah sampai tinggi.

"Masyarakat dihimbau agar waspada terhadap potensi bencana hidrometeorologi seperti longsor, banjir bandang, banjir genangan pada dataran rendah di kawasan perumahan maupun lahan pertanian atau perkebunan," ungkapnya

Bagi para petani diimbau untuk mulai menyiapkan pola tanam sesuai dengan kondisi tersebut agar tidak mengalami gagal panen.

"Senantiasa memperbarui informasi iklim di wilayah DIY melalui media sosial BMKG," jelasnya.

Kepala Kelompok Foreskater BMKG YIA Romadi menyampaikan berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer mengidentifikasi potensi curah hujan masih tinggi. Diperkirakan dua sampai tiga hari ke depan masih akan diguyur hujan.

Potensi hujan dan angin kencang pada Kamis (2/3/2023) diperkirakan terjadi di Kota Jogja, Sleman, Bantul, Kulonprogo bagian Utara, dan Gunungkidul bagian Utara. Sementara pada Jumat, (3/3/2023) potensi hujan diperkirakan terjadi di Sleman, Kota Jogja, Bantul bagian Utara, Kulonprogo bagian Utara, dan Gunungkidul.

"BMKG mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem yang berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi." katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Gempur Rokok Ilegal

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bocah 13 Tahun Tewas Diduga Disiksa Polisi, KPAI: Masih Ada Korban Lainnya Alami Penyiksaan

News
| Selasa, 25 Juni 2024, 01:37 WIB

Advertisement

alt

Inilah Rute Penerbangan Terpendek di Dunia, Naik Pesawat Hanya Kurang dari 2 Menit

Wisata
| Sabtu, 22 Juni 2024, 11:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement