Advertisement

Siap-Siap! DIY Memasuki Awal Musim Hujan, Ini Penjelasan BMKG

Lugas Subarkah
Kamis, 13 Oktober 2022 - 19:27 WIB
Arief Junianto
Siap-Siap! DIY Memasuki Awal Musim Hujan, Ini Penjelasan BMKG Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN — DIY telah memasuki awal musim hujan. Pada dasarian kedua Oktober ini DIY sedah memasuki awal musim hujan.

Kepala Kelompok Foreskater BMKG YIA, Romadi, Kamis (13/10/2022) menuturkan, “Awal musim hujan ini indentik dengan cuaca ekstrem, seperti hujan lebat yang disertai kilat, petir dan angin kencang bahkan hujan es dan dan angin kencang."

Advertisement

Bencana hidrometeorologi menurutnya sudah terjadi pada Selasa lalu, berupa hujan lebat yang disertai angin kencang mengakibatkan pohon roboh menipa rumah di wilayah Sleman di kapanewon, Godean, Mlati dan Minggir, juga di kabupaten Kulon Progo yang menyebapkan Longsor, pohon tumbang di kapanewon Kalibawang dan Samigaluh.

Berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer terkini, anomali suhu muka laut wilayah Laut Jawa dan Samudera Hindia selatan Jawa berkisar 1-3 derajat celcius dengan Indeks ENSO di Nino 3,4: -0,64 yang berarti signifikan terhadap peningkatan hujan di wilayah Indonesia.

BACA JUGA: BLT BBM di Sleman Gagal Disalurkan ke 1.757 Penerima, Ini Alasannya..

Hal ini didukung adanya wilayah belokan angin atau shearline menyebabkan perlambatan massa udara sehingga memicu peningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah DIY.

“Profil vertikal kelembapan udara yang relatif cukup tinggi mencapai 90 persen dan labilitas lokal yang cukup kuat turut berkontribusi terhadap pembentukan awan hujan,” katanya.

BMKG DIY memprakirakan potensi curah hujan dengan intensitas sedang-lebat dapat disertai kilat/petir dan angin kencang untuk beberapa hari ke depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement