Advertisement

Ini Lokasi-Lokasi Rawan Genangan Air di Jogja Selama Musim Hujan

Yosef Leon
Selasa, 04 Oktober 2022 - 15:27 WIB
Budi Cahyana
Ini Lokasi-Lokasi Rawan Genangan Air di Jogja Selama Musim Hujan Ilustrasi. - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kota Jogja memetakan lokasi rawan genangan air dan sejumlah talut yang berpotensi ambrol di musim penghujan. 

Kepala Bidang Sumber Daya Air dan Drainase DPUPKP Kota Jogja Rahmawan Kurniadi mengatakan genangan air rentan terjadi di wilayah perbatasan Jogja dengan Sleman atau Bantul. Di dalam kota, Adi menyebut genangan jarang ditemukan. Rahmawan mencontohkan kawasan Plengkung Gading ke selatan sampai Panggung Krapyak yang biasanya digenangi air di beberapa lokasi saat hujan turun.

Advertisement

"Selain itu, potensi genangan ada di Kotabaru dan sekitar McDonald. Kalau di kawasan Kotagede sudah tertangani," ujarnya, Selasa (4/10/2022). 

Adi menjelaskan drainase di lokasi-lokasi tersebut sudah tidak mampu menampung air saat hujan turun. "Salah satu strategi mengurangi genangan adalah dengan sumur resapan. Selain untuk meresapkan air, sumur resapan juga untuk sentralisasi pemeliharaan," jelasnya. 

BACA JUGA: Ini Wilayah di Sleman yang Rawan Bencana Saat Cuaca Ekstrem

Pada tahun ini, DPUPKP memperbaiki drainase di Jalan Magelang dan Wirosaban. Selain mengatasi genangan air, DPUPKP juga memantau talut yang rawan ambrol. 

Saat ini, beberapa talut yang rawan longsor diperbaiki, yakni di Pringgokusuman, Tegalrejo, Muja-muju, dan Wirobrajan. "Yang rawan ambrol menjadi prioritas," ujar dia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Perpanjang Kenaikan HET Beras Premium untuk Jaga Stok di Pasaran

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement