Advertisement

Cuaca Panas, BPBD Bantul Ingatkan Potensi Kebakaran

Hadid Husaini
Jum'at, 28 April 2023 - 12:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Cuaca Panas, BPBD Bantul Ingatkan Potensi Kebakaran Pelatihan Pemadam Kebakaran - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, Bantul—Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul menyebut cuaca panas ekstrim beberapa hari terakhir termasuk masa peralihan dari musim hujan menuju kemarau. Masyarakat diingatkan soal potensi kebakaran. 

Supervisor pusat pengendalian operasi (Pusdalops) BPBD Bantul, Aka Luk Luk Firmansyah menyampaikan bahwa kondisi peralihan tersebut seperti yang telah disampaikan Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) sebelumnya yang menyebut akan lebih panas dari tahun lalu. 

Advertisement

"Kalau tahun lalu kemarau basah, sekarang [tahun ini] kemarau yang benar-benar sejatinya kemarau. Tapi masyarakat tidak perlu khawatir karena ini merupakan proses perubahan iklim menuju pancaroba," ujar Luk Luk di Kantor BPBD Bantul, Palbapang, Bantul, Kamis (27/4/2023).

Meskipun cuaca musim panas kali ini lebih ekstrem dari tahun sebelumnya diirnya menyebut masih akan ada hujan dalam intensitas yang rendah. Hal tersebut berbeda dengan yang terjadi pada tahun lalu dimana cuaca ekstrim akibat hujan lebih sering terjadi.

Dia menyampaikan kondisi panas yang terjadi di Indonesia tidak seperti kondisi negara-negara lain di Asia Selatan. "Posisi matahari yang bergeser ke bumi belahan Utara menyebabkan berkurangnya uap sehingga menjadikan cuaca ketika siang akan terasa panas jika malam akan terasa dingin sekali," terang Luk Luk.  

Luk Luk menghimbau masyarakat yang akan melakukan pembakaran agar melokalisir secara aman agar tidak menimbulkan kebakaran akibat terkena rambatan api. 

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Bantul, Antoni Hutagaol menyampaikan bahwa kondisi panas yang terjadi saat ini dapat mengakibatkan dampak kerusakan baik fisik maupun non fisik. "Kondisi saat ini bisa menyebabkan kebakaran, longsor, selain itu berpengaruh kepada infrastruktur," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 1 hour ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Ungkap Mantan Kepala Bea Cukai Jogja Lakukan Pencucian Uang Capai Rp20 Miliar

News
| Sabtu, 20 April 2024, 07:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement