Advertisement

Ini Wasiat Istri Mbah Maridjan kepada Keluarga Sebelum Meninggal Dunia

Lugas Subarkah
Senin, 01 Mei 2023 - 19:00 WIB
Abdul Hamied Razak
Ini Wasiat Istri Mbah Maridjan kepada Keluarga Sebelum Meninggal Dunia Jenazah istri Mbah Maridjan, Ponirah dimakamkan di Sasonoloyo Srunen, Kalurahan Glagaharjo, Cangkringan, berdampingan dengan makam sang suaminya, Senin (1/5 - 2023)

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN–Istri mendiang mbah Maridjan, Ponirah, tutup usia, Senin (1/5/2023) pagi. Sebelum meninggal, ada wasiat yang disampaikan almarhumah kepada keluarga.

Anak keempat Mbah Maridjan, Suraksohargo Asihono, menjelaskan ibunya meninggal di usia 93 tahun di kediamannya, kompleks hunian tetap (huntap) Karangkendal, pukul 07.20 WIB, yang disebabkan oleh usia tua.

Advertisement

BACA JUGA: Innalillahi, Kabar Duka, Istri Mbah Maridjan Tutup Usia

Ia menuturkan untuk pemakaman, sudah menjadi wasiat almarhumah untuk dimakamkan berdekatan dengan makam Mbah Maridjan. "Wasiatnya kalau nanti saya meninggal, nanti aku dikuburkan di dekatnya bapak," ujarnya menirukan ibunya.

Jenazah pun dimakamkan di Sasonoloyo Srunen, Kalurahan Glagaharjo, Cangkringan, berdampingan dengan makam sang suami, Mbah Maridjan.

Ponirah tutup usia dengan meninggalkan lima anak dan 13 cucu. Adapun Mbah Maridjan atau yang bernama lengkap Raden Ngabehi Surakso Hargo adalah Juru Kunci Gunung Merapi yang telah meninggal dunia saat erupsi Merapi, 26 Oktober 2010.

Mbah Maridjan meninggal di rumahnya yang waktu itu terkena terjangan awan panas. Pasca kematian Mbah Maridjan, Sri Sultan HB X mengangkat anaknya, Asih, sebagai Juru Kunci Merapi pada 4 April 2011.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement