Advertisement

Promo Sumpah Pemuda Harjo

Libur Lebaran, Polisi Catat 30 Kecelakaan Lalu Lintas di Gunungkidul

David Kurniawan
Rabu, 03 Mei 2023 - 14:07 WIB
Abdul Hamied Razak
Libur Lebaran, Polisi Catat 30 Kecelakaan Lalu Lintas di Gunungkidul Seorang pekerja sedang memindahkan jagung dari truk yang terlibat kecelakaan tunggal di Tanjakan Bundelan di Kalurahan Jurangjero, Ngawen. Senin (30/1/2023). - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Unit Penegakkan Hukum, Polres Gunungkidul merilis selama Operasi Ketupat Progo 2023 tercatat sebanyak 30 kecelakaan lalu lintas. Dari jumlah tersebut, 30 korban luka ringan dan satu pengendara dilaporkan meninggal dunia.

Kepala Unit Gakkum, Polres Gunungkidul, Iptu Darmadi mengatakan, Operasi Ketupat Progo atau pengamanan libur Lebaran telah berakhir pada 1 Mei 2023. Total ada ratusan personel gabungan yang diterjunkan untuk pengamanan dan kelancaran arus lalu lintas.

Advertisement

BACA JUGA: Ngantuk, Pemudik Alami Laka Tunggal di Gunungkidul

Menurut, selama liburan berlangsung tercatat ada 30 kecelakaan lalu lintas. Akibat perisitwa ini, satu korban dilaporkan meninggal dunia dan 30 korban mengalami luka ringan. “Untuk korban luka berat tidak ada,” kata Darmadi kepada wartawan, Rabu (3/5/2023).

Selain ada korban meninggal dan luka ringan, didalam peristiwa kecelakaan selama Lebaran juga ada kerugian material sekitar Rp26,1 juta. Ia berharap peristiwa kecelakaan yang terjadi bisa menjadi pembelajaran bersama agar kejadian sama tidak berulang.

Oleh karenanya, Darmadi meminta kepada pengendara kendaraan bermotor untuk terus berhati-hati dan tetap menaati peraturan lalu lintas yang berlaku. Sebagai contoh, pengendara dilarang melanggar marka jalan, terus memakai helm atau sabuk tangan serta membawa surat-surat yang lengkap. Selain itu, pada saat capek berkendara diharapkan istirahat guna mengurangi risiko kecelakaan.

“Kecelakaan tidak hanya dapat merugikan diri sendiri, tapi juga orang lain. Jadi, saat di jalanan harus terus berhati-hati dan jangan ngebut,” imbuh Darmadi.

BACA JUGA: Saat Menembak di Kantor MUI, Pelaku Menggunakan Jenis Senjata Ini

Kapolres Gunungkidul, AKBP Edy Bagus Sumantri mengatakan, untuk personel di internal kepolisian menyiagakan sekitar 306 petugas. Ia menjelaskan, personel yang diterjunkan melakukan pengamanan selama libur Lebaran. Pelaksanaan bertujuan mewujudkan kelancaran arus lalu lintas selama mudik Lebaran serta mengurangi risiko kecelakaan.

Untuk memaksimalkan dalam pengamanan, polisi membangun tujuh pos pengamanan. Adapun lokasinya tersebar di beberapa lokasi mulai dari Hargodumilah, Patuk; Bundaran Tobong Gamping, Playen, Pasar Semin; Pasar Argosari ,Terminal Dhaksinarga hingga rest area Swanayasa di Jalur Jalan Lintas Selatan di Kalurahan Nglindur, Girisubo.

Selain itu, juga ada 29 pos jaga atur untuk mengatur lalu lintas sehingga tidak terjadi penumpukan arus kendaraan di titik-titik rawan. “Selain di jalur-jalur utama, pos ini juga berada di kawasan wisata,” katanya.

Kasatlantas Polres Gunungkidul, AKP A Purwanta menambahkan, libur Lebaran berjalan dengan lancar. Keberadaan Jalur Jalan Lintas Selatan sangat membantu dalam upaya mengurai kemacetan di jalur utama Jogja-Wonosari pada saat liburan berlangsung.

“JJLS sangat membantu [tidak ada kecelakaan lalu lintas] karena arah kepulangan dari pantai bisa diurai dengan mengimbau lewat jalan baru. Ini berdampak terhadap kepadatan arus kepulangan wisatawan di jalur Jogja-Wonosari yang bisa terurai lebih cepat dibandingkan penyelenggaraan tahun lalu,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pengumuman Nama Cawapres yang Diputuskan dalam Rakernas PDIP Diserahkan kepada Megawati

News
| Minggu, 01 Oktober 2023, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Unik, Taman Sains Ini Punya Gedung Seperti Pesawat Ruang Angkasa

Wisata
| Sabtu, 30 September 2023, 17:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement