Advertisement

Ada 3 Pasien Covid-19 Masuk, RS PKU Muhammadiyah: Kami Siap Jika Ada Lonjakan Kasus

Hadid Husaini
Jum'at, 05 Mei 2023 - 16:17 WIB
Arief Junianto
Ada 3 Pasien Covid-19 Masuk, RS PKU Muhammadiyah: Kami Siap Jika Ada Lonjakan Kasus Ilustrasi virus Corona. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Jogja mengaku sudah menerima tiga pasien Covid 19 pasca Lebaran lalu. Pihak rumah sakit mengaku siap jika terjadi lonjakan pasien seperti yang terjadi di daerah lain.

Humas PKU Muhammadiyah Jogja, Eka Budy Santoso menyampaikan adanya pasien Covid-19 tersebut terjadi pasca Lebaran. “Ada tiga pasien yang sudah dinyatakan positif Covid-19 di PKU Muhammadiyah, artinya masih belum signifikan," ujar Eka saat dihbungi Harianjogja.com, Jumat (5/5/2023).

Advertisement

Pihaknya mengakui bahwa terjadi peningkatan pasien Covid-19 termasuk di rumah sakit-rumah sakit di daerah lain. “Memang secara nasional sudah mengalami peningkatan, ” katanya.

BACA JUGA: Covid-19 DIY Kembali Meningkat Usai Lebaran 2023, Masih Ada Kasus Meninggal

Kondisi banyaknya masyarakat yang mudik dan banyak menghabiskan waktu di jalan mengakibatkan capek hingga imun tubuh menurun. Ditambah lagi dengan ada saling kontak fisik dengan berkumpul dengan keluarga.

“Apalagi karena kondisi tidak fit menyebabkan batuk pilek ini kan artinya penularanya melalui itu,” ucap Eka. Secara usia Eka menyebut dari tiga pasien tersebut sudah berusia lanjut ditambah lagi dengan adanya Comorbid sehingga memperparah kondisi pasien.

PKU Muhammadiyah selaku Fasilitas Kesehatan (Faskes) menyampaikan jika sudah siap jika terjadi lonjakan pasien Covid-19. Saat ini, bed atau kamar isolasi juga sudah disiapkan. “Kami menyiapkan 25 kamar isolasi artinya sudah terisi tiga pasien,” sebutnya.

Kondisi ini menurutnya jadi alasan untuk mengulang kembali kesiapan untuk perawatan seperti kondisi di awal pandemi. Kendati begitu, Eka menyatakan pihaknya tetap waspada. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement