Advertisement

121 Peserta Ikuti Donor Darah Rangkaian Milad 1 Abad RS PKU Muhammadiyah

Abdul Hamied Razak
Senin, 13 Februari 2023 - 10:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
121 Peserta Ikuti Donor Darah Rangkaian Milad 1 Abad RS PKU Muhammadiyah Kegiatan aksi donor darah RS PKU Muhammadiyah Jogja dan RS PKU Muhammadiyah Gamping yang digelar Minggu (12/2/2023) - ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—RS PKU Muhammadiyah Jogja dan RS PKU Muhammadiyah Gamping menggelar aksi donor darah memperingati milad 1 abad RS PKU Muhammadiyah. Kegiatan ini diikuti oleh sebanyak 121 peserta.

Direktur Utama RS PKU Muhammadiyah Jogja, Mohammad Komarudin menyampaikan donor darah ini sebagai bentuk kepedulian sosial rumah sakit terhadap lingkungan sekitar dan juga untuk mengedukasi masyarakat. "Diharapkan dengan kegiatan ini dapat membantu Rumah Sakit untuk penyediaaan kebutuhan jumlah darah yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat," katanya melalui rilisnya, Senin (13/2/2023).

Advertisement

Kegiatan tersebut, katanya, merupakan salah satu program rutin menjelang perayaan milad yang diselenggarakan oleh RS PKU Muhammadiyah Jogja dan RS PKU Muhammadiyah Gamping. Selain diikuti para dokter dan karyawan rumah sakit, aksi sosial tersebut diikuti juga oleh para mitra kerja dan masyarakat.

"Kegiatan ini sebagai rangkaian kegiatan milad 1 Abad PKU Jogja dan 14 tahun PKU Gamping yang puncak acaranya akan dilaksanakan pada 23 Maret 2023," katanya.

Baca juga: Penataan Pansela di Pantai Depok hingga Parangkusumo Bantul Dimulai Tahun 2024

Dijelaskan Komaruddin, kegiatan tersebut diikuti 121 peserta dan berhasil mengumpulkan sebanyak 96 kantong darah. Sebanyak 25 peserta dinyatakan tidak memenuhi persyaratan untuk mendonor. Komarudin mengajak semua pegawai RS dan warga untuk lebih rutin lagi mendonorkan darahnya sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh PMI, yakni minimal 6 bulan sekali.

"Kami berharap semoga RS PKU Muhammadiyah Jogja dan RS PKU Muhammadiyah Gamping semakin diterima dan dikenal di masyarakat sebagai Amal Usaha Muhammadiyah bidang Kesehatan yang pertama di Indonesia, dapat berkembang terus untuk kemaslahatan umat," harapnya.

Ketua Penyelenggara Donor Darah, Anggi menambahkan selain untuk membantu sesama, donor darah juga sangat bermanfaat bagi kesehatan karena sel-sel darah di dalam tubuh diperbaharui secara cepat sehingga sirkulasinya akan menjadi lancar. Peserta aksi donor darah yang bekerjasama dengan PMI Sleman ini diberi cendera mata kaos, makanan bergizi dan vitamin.

"Kami juga memberikan edukasi kesehatan bertema setetes darah kita sejuta manfaat bagi sesame selama kegiatan donor darah menghadirkan narasumber dokter spesialis patologi Suryanto," kata Anggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gempa Magnitudo 5,3 Guncang Gorontalo

News
| Kamis, 25 April 2024, 04:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement