Advertisement

Sleman Pasang Strategi Meraup Lebih Banyak Wisatawan Tahun Ini

Catur Dwi Janati
Rabu, 10 Mei 2023 - 22:27 WIB
Maya Herawati
Sleman Pasang Strategi Meraup Lebih Banyak Wisatawan Tahun Ini Wahana atraksi stand up peddle di Embung Kaliaji, salah satu wisata Sleman yang jadi favorit - Antara - Hendra Nurdiyansyah

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Meskipun target kunjungan satu juta wisatawan tak tercapai di libur Lebaran lalu, Kepala Dinas Pariwisata Sleman, Ishadi Zayid optimis target PAD sektor pariwisata akan tetap tercapai di tahun ini. Untuk menggenjot kunjungan wisatawan dan PAD sektor wisata, Dinas Pariwisata Sleman akan melakukan sejumlah langkah.

"Beberapa langkah untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ya dengan event, terus kemudian dengan beberapa kegiatan yang koordinasi dengan Badan Promosi Pariwisata Sleman [BPPS terus kemudian ASITA untuk melakukan promosi wisata di beberapa daerah," terangnya pada Selasa (9/5/2023).

Advertisement

Salah satu agenda sektor pariwisata yang paling dekat bakal digelar ialah Volcano Run di Kalirung. Rencananya gelaran tersebut akan dilaksanakan akhir bulan ini. Para peserta akan diajak mengitari rute lari di kawasan wisata Kaliurang. "Jadi harapannya kan nanti pengunjung itu kan banyak yang dari luar daerah," ungkapnya.

BACA JUGA: 16 Parpol Belum Mendaftarkan Bakal Caleg, Pendaftaraan Ditutup Minggu

Selain wisata olahraga, sejumlah agenda wisata budaya juga diharapkan dapat menggaet animo masyarakat. "Kalau event budaya nanti seperti adat-adat tradisi Saparan Wonolelo, Mbah Demang, tapi itu kan di Dinas Kebudayaan pelaksanaanya," tambahnya.

Pada 2023, target PAD sektor pariwisata diketok diangka Rp254 miliar. Angka itu termasuk disumbang dari pajak hotel dan restoran.

"Jadi [PAD] sektor pariwisata itu kan ada pajak hotel, pajak restoran, pajak hiburan, terus retribusi pariwisata dan yang paling banyak itu adalah dari pajak hotel restoran," katanya.

Kendati okupansi hotel pada libur lebaran lalu terhitung belum maksimal, Ishadi optimistis okupansi akan meningkat di sejumlah momen liburan berikutnya. "Kita tetap optimis karena kemarin itu hanya di libur Lebarannya, mungkin karena pengaruh cuti itu kan yang hanya pendek di belakang. Mungkin sebentar lagi kan ada libur sekolah dan yang lain itu kan nanti kami coba," katanya.

Momen libur sekolah dan momen libur Nataru digadang-gadang Ishadi dapat mendompleng capaian kunjungan wisatawan serta PAD pariwisata Sleman. Pasalnya berkaca dari libur Nataru sebelumnya, per hari rata-rata kunjungan wisatawan Sleman mencapai 30.000 orang. "Kami optimistis di libur Nataru tahun depan juga sama. Mungkin juga ada peningkatan," katanya.

Sebelumnya, Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo menjelaskan penerimaan retribusi di libur lebaran pada tanggal 15 April sampai 1 Mei yaitu sebesar Rp246,8 juta. Sementara penerimaan PAD wisata Sleman periode 1 Januari sampai 1 Mei 2023 baru mencapai Rp104,5 miliar atau sebesar 40,41% dari target PAD 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Menteri Keamanan AS Sebut Terorisme Kembali Muncul dan Jadi Ancaman

News
| Minggu, 19 Mei 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement