Advertisement

Penandatanganan Kontrak Proyek Pembangunan Kelok 18 Masih Tunggu Dana IDB Turun

Stefani Yulindriani Ria S. R
Kamis, 11 Mei 2023 - 12:27 WIB
Jumali
Penandatanganan Kontrak Proyek Pembangunan Kelok 18 Masih Tunggu Dana IDB Turun Proses pembangunan jembatan yang menghubungkan ruas JJLS perbukitan Rowari di Kalurahan Tepus, Tepus. Foto diambil beberapa waktu lalu. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Penandatanganan Kontrak Proyek Pembangunan Kelok 18 Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) masih menunggu dana dari Islamic Development Bank (IDB) turun. Padahal, pemenang tender pembangunan proyek dengan nama tender Pembangunan Jalan Baru Kretek-Girijati di sistem LPSE itu telah diperoleh.

BACA JUGA: Proyek Kelok 18 Segera Dilelang, Begini Desainnya

Advertisement

Asisten Pelaksanaan dan Pengawasan Satker Pelaksanaan Jalan Nasional (PJN) DIY, Wahyu Widyantoro menyampaikan PT Waskita Karya (Persero) telah memenangi tender atas proyek tersebut dengan nilai Rp.241.031.298.950,80. Meski begitu, proses selanjutnya berupa penandatanganan kontrak masih menunggu pendanaan dari IDB.

“Ini proyek pinjaman [menggunakan dana pinjaman dari IDB], jadi nanti dari IDB [sumber dana]. Jadi menunggu ketersediaan [dana] dari vendor IDB. Jadi nunggu ketersediaan [dana] dari IDB, baru nanti sudah pasti turun, baru kita tanda tangan kontrak,” katanya, Kamis (11/5/2023).

Wahyu mengungkapkan pendanaan untuk proyek tersebut seluruhnya akan menggunakan dana pinjaman IDB. Dia pun tak dapat memastikan kapan pendanaan tersebut akan cair, pihaknya masih menunggu arahan dari Kementerian PUPR. Setelah ada arahan dari Kementerian PUPR terkait pendanaan tersebut dan penandatanganan kontrak, barulah pekerjaan fisik proyek tersebut dapat dilakukan. Wahyu juga tidak dapat memastikan kapan pekerjaan fisik proyek tersebut mulai dapat dilakukan.

“Tergantung tanggal kontraknya, tanggal mulai kerjanya, nanti berakhirnya dihitung dari tanggal pelaksanaannya. Harapannya semakin cepat diselesaikan,” imbuhnya.

Wahyu pun memperkirakan pekerjaan fisik Kelok 18 JJLS akan rampung tahun depan.

“Sepertinya tahun depan [selesai pembangunan fisik Kelok 18], tahun ini kan tinggal beberapa bulan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement