Advertisement

6 Parpol Daftarkan Bacalegnya, PAN: Dua Petahana Kami Tak Maju Lagi

Triyo Handoko
Sabtu, 13 Mei 2023 - 05:17 WIB
Arief Junianto
6 Parpol Daftarkan Bacalegnya, PAN: Dua Petahana Kami Tak Maju Lagi Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—KPU DIY menerima tiga partai politik (parpol) yang mendaftarkan bakal calon legislatifnya (bacaleg) pada Jumat (12/4/2023). Ketiga parpol tersebut adalah PAN, Partai Umat, dan Hanura, total kini sudah ada enam parpol yang mendaftarkan bacalegnya.

Ketua PAN DIY, Suharwanta menjelaskan berkas pendaftarannya sudah lengkap dan dinyatakan diterima KPU DIY. “Total ada 55 bacaleg untuk tujuh dapil DPRD DIY, sudah memenuhi aturan kuota perempuan dan lainnya,” katanya, Jumat siang.

Advertisement

Suharwanta menyebut bacaleg perempuan yang diusung PAD DIY untuk merebutkan kursi DPRD DIY sekitar 35%. “Kalau untuk bacaleg milenial kami total sekitar 30% jadi cukup banyak juga calon milenial kami agar representatif dengan masyarakat DIY juga,” ujar Wakil Ketua DPRD DIY ini.

Dua petahana anggota DPRD DIY dari PAN, jelas Suharwanta, tidak mengajukan pendaftaran ke partai berlogo matahari ini. “Total petahana ada tujuh, yang dua tidak mendaftar lagi,” ujarnya.

BACA JUGA: Maju Caleg dari PDIP, Mbah Rono Tak Akan Beli Suara

Saat ditanya alasan dua petahana tak mendaftar lagi, Suharwanta tak mengetahui alasannya. “Saya tidak tahu pindah partai atau seperti apa yang jelas tidak mendaftar lagi lewat PAN, nanti dicek saja apakah maju DPRD lewat partai lain, kalau Mbak Hanum sudah jelas pindah partai ya,” terangnya.

Meskipun ditinggal petahan anggota DPRD DIY, jelas Suharwanta, PAN DIY tetap optimis. “Kami bahkan naikan target jadi delapan kursi 2024 mendatang, ada kader di kabupaten yang sudah teruji di DPRD kabupaten kami naikan ke DPRD DIY,” ucapnya.

Soal caleg DPR RI dari PAN yang akan bertarung di DIY, lanjut Suharwanta, ada Bendahara DPP PAN Totok Daryanto dan mantan Bupati Sleman Sri Purnomo. “Kami sudah siapkan strategi pemenangan dan semuanya jadi kami optimis dalam Pemilu 2024 mendatang,” tegasnya.

Ketua Divisi Penyelenggaraan KPU DIY, Moh Zaenuri Ikhsan menyebut  Partai Ummat DIY dan Hanura DIY turut mendaftarkan bacalegnya pada Jumat sore. “Ini kami masih periksa berkas pendaftarannya, masih terus berjalan,” katanya.

KPU DIY, jelas Zaenuri, tengah memeriksa berkas pendaftaran bacaleg Partai Ummat dan Hanura DIY. “Nanti akan kami kabari hasilnya, partai lain akan mendaftarkan besok juga ada beberapa partai,” jelasnya, Jumat malam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jamaika Resmi Mengakui Kedaulatan Palestina

News
| Kamis, 25 April 2024, 10:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement