Advertisement

Gelar Musda, Aisyiyah Kota Jogja Fokus Tingkatkan Ketahanan Keluarga

Abdul Hamied Razak
Sabtu, 13 Mei 2023 - 11:07 WIB
Abdul Hamied Razak
Gelar Musda, Aisyiyah Kota Jogja Fokus Tingkatkan Ketahanan Keluarga Pimpinan Daerah Aisyiyah Kota Jogja menggelar musyawarah daerah (Musda) di Aula SMA Muhammadiyah 1 Jogja, Sabtu (13/5 - 2023). Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA–Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Kota Jogja menggelar musyawarah daerah (Musda). Salah satu agendanya untuk memilih pengurus baru dengan sistem E-Voting.

Ketua Panitia Musyda PDA Kota Jogja Sri Istifada menjelaskan selain membahas laporan Pertanggungjawaban pengurus, Musda digelar untuk membahas tujuh sidang pleno, hingga pemilihan ketua PDA Kota Jogja periode 2022-2027. Musda yang digelar selama Sabtu (13/5/2023)-Minggu (14/5/2023) dihadiri sebanyak 300 kader dan warga ‘Aisyiyah.

Advertisement

BACA JUGA:  Simak! Ini Barang Paling Laris saat Ramadan-Lebaran versi Tokopedia

BACA JUGA: Dukung Aisyiyah Berkemajuan, Dosen UMY Gelar Pelatihan Komunikasi Organisasi yang Efektif

"Kegiatan Musda ini mengangkat tema Perempuan Berkemajuan Meningkatkan Ketahanan Keluarga di Kota Jogja. Ada juga pembasan materi risalah perempuan berkemajuan hingga isu-isu strategis dan keumatan," ujarnya melalui rilisnya saat pembukaan Musda di Aula SMA Muhammadiyah 1 Jogja, Sabtu (13/5/2023).

Hadir dalam Musda PDA Kota Jogja di antaranya Ketua PDM Kota Jogja Akhid Widi Rahmanto, Ketua Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah DIY Widiastuti, serta Ketua Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah Salmah Orbayyinah.

Dia menjelaskan, serangkaian kegiatan Musda digelar mulai dari jalan sehat, Wisuda Sekolah Wirausaha ‘Aisyiyah (SWA), hingga seminar kewirausahaan bersama tokoh perempuan DIY dan nasional. "Musda digelar untuk menghasilkan keputusan yang menjadi arah organisasi dalam mewujudkan dan mencerahkan peradaban bangsa," katanya.

Istifadah berharap hasil yang dirumuskan dalam Musda juga dapat menghasilkan langkah strategis sebagai langkah gerakan perempuan berkemajuan dan musilm di Indonesia dalam rangka ketahanan keluarga.

BACA JUGA: ISWARA, Ikatan Saudagar dan Wirausaha ‘Aisyiah Resmi Dilaunching

Terapkan E-voting

Untuk pemilihan Ketua PDA Kota Jogja periode 2022-2027, katanya, panitia menggunakan evoting yang terintegrasi dengan sistem digital. E-voting dirancang dengan mengedepankan sistem yang saling terintegrasi antara registrasi, penjaringan, dan proses pemilihan.

Pada saat pemilihan, para peserta hanya tinggal menekan button pilihannya pada layar monitor. Sistem kemudian akan mencetak bukti pilih dan kerahasiaan pemilih dijamin keamanannya. Proses perhitungan suara juga secara otomatis dilakukan oleh sistem yang kemudian hasilnya ditampilkan dalam grafik.

"Prinsip-prinsip demokrasi yaitu langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil, tetap diterapkan secara teguh dalam e-voting," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

MUI: Amalkan Nilai-nilai Pancasila, Jangan Hanya Jadi Jargon

News
| Rabu, 31 Mei 2023, 17:07 WIB

Advertisement

alt

Gunung Bromo Bersalju, Ini Fakta Fenomena Embun Upas

Wisata
| Selasa, 30 Mei 2023, 23:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement