Advertisement

Kampung Ratmakan Tawarkan Wisata Budaya di Pusat Kota

Stefani Yulindriani Ria S. R
Minggu, 14 Mei 2023 - 23:17 WIB
Sunartono
Kampung Ratmakan Tawarkan Wisata Budaya di Pusat Kota Pelatihan menari di Kampung Ratmakan beberapa waktu lalu. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA–Kampung Ratmakan, Kelurahan Ngupasan, Kemantren Gondomanan, Kota Jogja menawarkan wisata budaya Jogja. Melalui berbagai program yang ditawarkan, diharapkan dapat turut melestarikan budaya sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

Ketua Kampung Wisata Ratmakan, Nur Oryza Argo menyampaikan beberapa waktu lalu, Kampung Ratmakan ditetapkan Dinas Pariwisata Kota Jogja sebagai embrio kampung wisata. Penetapan tersebut salah satunya karena adanya bangunan bersejarah rumah fotografer pribumi pertama Kassian Cephas. Selain itu, Kampung Ratmakan juga menawarkan berbagai pelatihan dan kegiatan seni budaya Jogja yang dapat diikuti wisatawan. 

Advertisement

“Yang diunggulkan di Kampung Ratmakan, bagaimana kampung ini menjadi kampung yang memegang falsafah Jawa,” katanya, Minggu (14/5/2023).

Dia menyampaikan Kampung Ratmakan yang letaknya tidak jauh dari Kawasan Malioboro yang masuk dalam sumbu filosofi, berusaha untuk dapat mendukung pelestarian budaya Jogja melalui berbagai kegiatan yang diselenggarakan. Berbagai pelatihan yang diselenggarakan antara lain pelatihan membatik, membuat ecoprint, memasak apem, menari, dan bermain gamelan. Ada pula upacara adat yang diselenggarakan di Kampung Ratmakan antara lain tedhak sinten dan brokohan. 

Dengan berbagai kegiatan tersebut, Oryza berharap wisatawan dapat tertarik untuk berkunjung ke wilayahnya sekaligus turut melestarikan budaya. Selain itu, melalui berbagai kegiatan tersebut dia juga berharap dapat turut serta memberdayakan warga Kampung Ratmakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Anies-Muhaimin Hadir di Penetapan KPU, Pakar UGM: Ada Peluang Ikut Koalisi Prabowo

News
| Kamis, 25 April 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement